Lantamal III Siap Amankan Pemilu di Laut Maupun Darat

Lantamal III siap amankan pemilu di laut maupun darat.
(foto: dispen lantamal iii)
JAKARTA, JO- Dalam rangka menjamin stabilitas keamanan selama berlangsungnya Pemilu 2014 dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta telah mempersiapkan bantuan dukungan siaga pengamanan pemilu kepada Polri dengan melibatkan dua satuan yaitu Satuan Pengamanan Pemilu di laut dari unsur-unsur Satuan Keamanan Laut (Satkamla) dan Pasukan Gabungan untuk pengamanan darat dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) dengan Detasemen Markas (Denma) Lantamal III Jakarta.

Demikian dikatakan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Ikin Sodikin AS pada saat menginspeksi gelar pasukan dalam rangka apel siaga pengamanan pemilu 2014 di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal III, Jalan Gunung Sahari No2 Jakarta Utara, Senin (7/4).

Dalam sambutan Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin S mengatakan, pemilu adalah sarana demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat, dalam rangka membentuk sistem negara yang legitimate dan berkedaulatan rakyat, sehingga pemerintahan dan pimpinan nasional yang lahir dari hasil pemilu, merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai dengan keinginan rakyat.

Mengingat arti penting dan strategisnya pemilu bagi kepentingan bangsa dan negara, maka pada konteks inilah TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal III Jakarta sebagai aparat negara berkewajiban untuk berpartisipasi dan memberikan kontribusi dalam bentuk personel dan unsur-unsurnya melaksanakan siaga pengamanan Pemilu kepada Polri atas permintaan mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2014.

Lebih lanjut Danlantamal III, mengatakan bahwa potensi kerawanan dapat terjadi dalam setiap tahapan pemilu, mulai dari pencoblosan surat suara, penghitungan dan penetapan pemenang pemilu. Bentuk kerawanan yang kemungkin timbul adalah berhimpunnya massa dalam jumlah besar disatu atau beberapa tempat pemungutan suara (TPS), tempat penghitungan suara, kantor KPU atau KPUD, kantor partai serta rumah peserta pemilu melakukan aksi protes sampai dengan tindakan anarkis seperti melakukan pembakaran, pengrusakan dan tindak pidana lainnya.

Untuk itu dalam rangka menjamin stabilitas keamanan selama berlangsungnya Pemilu 2014, Lantamal III Jakarta telah mempersiapkan bantuan dukungan personel siaga pengamanan pemilu kepada Polri terdiri dari empat pleton pasukan pengamanan pemilu yang dilengkapi dengan pakaian khusus berupa tameng, helm, tongkat rotan, satu tim kesehatan, satu tim intel dan satu tim penerangan dengan cakupan wilayah pengamanannya adalah Jakarta Utara serta menyiagakan unsur-unsur kapal patroli Satkamla Lantamal III Jakarta.

Diakhir sambutannya, Danantamal III Jakarta menegaskan kembali agar seluruh prajurit, PNS dan personel pengamanan Pemilu 2014 Lantamal III agar tetap menjaga netralitas dengan tidak memihak kepada satu kelompok tertentu pada pelaksanaan Pemilu 2014 termasuk didalamnya Pemilu Legislatif dan Presiden/ Wakil presiden tahap I dan II. Pelaksanaan siaga dimulai tanggal 7 April 2014 sampai dengan perkembangan situasi dinyatakan selesai. (jo-17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.