Vietnam Temukan Benda Diduga Pintu Pesawat Malaysia di Selatan Pulau Tho Chu

Pesawat Malaysia Airlines
JAKARTA, JO- Otoritas Vietnam yang melakukan pencarian pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines (MAS) mengungkapkan mereka telah menemukan benda yang diduga salah satu pintu pesawat itu.


Surat kabar pemerintah, Thanh Nien mengutip Letjen Vo Van Tuan, wakil kepala staf militer Vietnam mengatakan, benda itu ditemukan pesawat yang terbang rendah, di atas air sekitar 90 km selatan Pulau Tho Chu, areal yang sama dimana tumpahan minyak terlihat hari Sabtu.

"Dari objek ini, semoga kita menemukan pesawat yang hilang itu," kata Tuan. Surat kabar Thanh Nien menyebut pula, dua kapal dari polisi perairan sudah berangkat menuju lokasi.

Pesawat diduga jatuh dari ketinggian saat cuaca cerah, dan pilot tidak punya waktu untuk mengirimkan sinyal - kondisi yang tidak biasa dimana sebuah pesawat jet modern yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan mengalami kecelakaan.

Kepala Staf Angkatan Udara Malaysia Rodzali Daud mengatakan, radar menunjukkan bahwa pesawat mungkin sudah berputar kembali menuju Kuala Lumpur, namun tidak memberikan rincian mengenai arah kemana ia pergi atau seberapa jauh dia terbang menyimpang dari jalur.

"Kami berusaha untuk memahami hal ini," kata Daud dalam sebuah konferensi pers yang dikutip Associated Press, Senin (10/3) dini hari. "Radar militer mengindikasikan pesawat mungkin berputar kembali pulang, dan kejadian ini juga dikuatkan oleh pantauan radar sipil."

Pimpinan eksekutif Malaysia Airlines Ahmad Jauhari Yahya mengatakan, pilot seharusnya memberitahu otoritas penerbangan dan pengontrol lalu-lintas jika pesawat melakukan "U-turn" atau memutar arah kembali pulang.

"Dari apa yang kita miliki tidak ada sinyal bahay atau panggilan darurat. Jadi kita sama-sama bingung," katanya. (jo-4)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.