Tim Dishidros TNI AL Gelar Sosialisasi Batas Maritim RI di Koarmabar

Kadishiros Laksma Drs Dede Yuliadi, MSc dan Aslog
Pangarmabar Kolonel Laut (T) Ika Irwanto, ST, MM
mewakili Pangarmabar menyampaiakan sosialisasi
hidrogafi di Mako Koarmabar, Jakarta Pusat,
Kamis (13/3). (foto:dispenkoarmabar)
JAKARTA, JO- Tim Dishidros TNI AL menggelar sosialisasi Hydrographic Awareness, peta militer dan perkembangan batas maritim RI dengan negara-negara tetangga.

Sosialisasi dilaksanakan di Gedung OB Syaaf, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No 67 Jakarta Pusat (Jakpus), Kamis (13/3).

Sosialisasi hidrogafi dibuka Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, SE, yang diwakili Aslog Pangarmabar Kolonel Laut (T) Ika Irwanto, ST, MM, dan diikuti oleh perwakilan perwira dan anggota dari Koarmabar, Kolinlamil, Lantamal III Jakarta yang bertugas dibidang operasioanl dan intelijen serta Komandan KRI dan Komandan KAL yang sandar di pangkalan Jakarta.

Pangarmabar mengatakan negara Indonesia terletak diantara dua samudera dan dua benua yang bertetangga dengan 10 negara yang berkepentingan untuk menetapkan batas maritim diantaranya India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina Republik Palau, Papua Nugini, Australia dan Timor Leste.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa peta laut adalah alat petunjuk keberadaan suatu obyek yang berada di dalam kawasan perairan tertentu. Keberadaan peta laut di kapal adalah mutlak adanya terlebih jika akan melayari perairan yang baru akan dilewati. Di dalam peta laut terdapat banyak tanda dan simbol yang berguna untuk membantu seorang navigator agar dalam pelayaran dapat tiba dengan selamat di tempat tujuan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pangarmabar menyampaikan dengan terselenggaranya sosialisasi perkembangan maritm RI dengan negara tetangga, akan memberikan informasi terkini tentang batas maritim RI dan mengingatkan kembali bagaimana membaca peta laut yang baik khususnya bagi perwira-perwira yang bertugas di KRI.

Pangarmabar menyampaikan kepada peserta yang hadir dalam sosialisasi agar benar-benar menyimak apa yang dijelaskan oleh Tim sosialisasi dari Dishidros dan hal tersebut dapat dijadikan bekal pengetahuan dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan NKRI di laut.

Sementara itu, Kepala Dinas Hidro Oseanografi (Kadishidros) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Drs Dede Yuliadi, MSc menyampaikan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Dishidros TNI AL merupakan program kegiatan yang dilaksanakan dengan tema Peran Dishidros dalam mendukung diplomasi batas maritim RI dengan negara-negara tetangga, keselamatan bernavigasi dalam pelayaran dan kepentingan militer.

Selanjutnya dilaksanakan paparan oleh Kepala Kelompok Peneliti (Kapoklit) Dishidros Kolonel Laut (P) Samiyono, SE, MSi, dan Kasubdis Peta Dishidros Letkol Laut (P) Dian Primana menyampaikan paparan secara garis besar tentang perkembangan batas-batas maritim RI dengan negara tetangga dan keselamatan navigasi dengan peta laut terkini dan sekaligus menunjukkan peta laut yang diproduksi Dishidros meliputi peta laut untuk umum dan peta laut untuk kepentingan TNI AL serta peta laut batas wilayah untuk kepentingan operasional di lapangan. (jo-17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.