Metro Kapsul, Konsepnya Metromini yang Diangkat ke Atas atau Elevated

Ilustrasi
JAKARTA, JO- Rupanya Jakarta tidak cukup hanya MRT, monorel, KRL, BKTB. Konsep transportasi kapsul (metro capsule) pun ditawarkan perusahaan konsorsium, PT Perkakas Rekadaya Nusantara (PRN).


Seperti disampaikan Komisaris Konsorsium PT PRN Djoni Rosadi di Jakarta, Senin (24/3), metro capsule yang ditawarkan kepada Pemprov DKI merupakan moda transportasi yang mengadopsi bus sedang seperti Metromini atau Kopaja namun dengan elevated atau diangkat ke atas.

Rute yang diajukan sementara itu adalah dari Parkir Timur Senayan hingga Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Moda angkutan ini berbentuk bus yang diprediksi dapat menampung 19.000 penumpang per jam. Dimensi jalur yang tidak sebesar monorail dan mass rapid transit (MRT) diklaim Djoni tidak akan mengganggu lalu lintas ketika dibangun.

Djoni bahkan mengklaim proyek ini murah karena faktor rancangan track-nya lebih kecil sehingga tidak harus membebaskan lahan.

Menanggapi usulan itu, Wagub DKI Basuki T Purnama menilai konsep ini belum matang dan masih mengopi konsep teknologi di luar negeri. Ia ingin pihak konsorsium jangan hanya menyajikan kisah virtual tapi dilengkapi dengan protipe metro kapsul itu.

Ia juga meminta konsorsium PT PRN menjual ide metro kapsul ke PT Jakarta Monorail (JM) yang selama ini belum mampu juga membangun monorel. (jo-3)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.