Danlantamal III Meresmikan Speed Boat Patkamla "Ronin"

Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin AS,
didampingi Dansatkamla Letkol Laut (P) Dovian Isjafrin melaksanakan
peresmian uji coba speed boat Patkamla Ronin di Dermaga Satkamla
Lantamal III, Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (3/2).
JAKARTA, JO- Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Ikin Sodikin AS meresmikan pengoperasian speed boat Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Ronin di Dermaga Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal III, Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (3/2).

Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin AS, dalam sambutannya, menyampaikan speed boat Patkamla Ronin, akan bergabung dalam jajaran armada Satkamla Lantamal III Jakarta yang dikomandani Letkol Laut (P) Dovian Isjafrin untuk memperkuat kemampuan Satkamla dalam rangka melaksanakan tugas-tugas operasi penegakkan hukum di laut serta mendukung kegiatan-kegiatan protokoler VIP.

Patkamla Ronin merupakan speed boat, yang akan diperuntukkan sebagai kapal patroli keamanan laut (Patkamla) produksi galangan kapal Bahari, Tanjung Priok Jakarta Utara, selesai pembuatan 29 Januari 2014 dengan spesifikasi kapal meliputi antara lain panjang 10 meter, body full fibreglas, mesin pendorong dua unit, terdiri dari mesin kanan Suzuki 4T 115 Horse Power (HP) dan mesin kiri Suzuki 4T 115 HP serta kecepatan mesin mencapai 35 knot.

Asal kata pemberian nama Ronin yang berasal dari istilah pada masa Jepang Kuno yang merupakan sebutan bagi pendekar Samurai yang tidak mempunyai tuan sehingga Samurai mengabdikan hidupnya dengan mengembara mencari jalan menjadi Samurai yang sejati. Kehidupan Ronin inilah yang menjadi inspirasi agar semangat Ronin ada dalam diri prajurit Satkamla Lantamal III Jakarta.

Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin AS, dalam acara peresmian speed boat Patkamla Ronin, juga sekaligus meresmikan Gedung Kantor Jalasenastri Cabang 12 Korcab III Daerah Armada Barat dan Lapangan Tembak Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmabar.

Danlantamal III Jakarta melaksanakan uji coba kemampuan pengoperasian speed boat Ronin dan peninjauan Gedung Kantor Jalasenastri Cabang 12 Korcab III Daerah Armada Barat dan menembak di Lapangan Tembak Satkopaska Koarmabar.

Pembangunan gedung kantor Jalasenastri Cabang 12 Korcab III Daerah Armada Barat dibiayai secara mandiri oleh Satkamla Lantamal III Jakarta dan sebagai wujud kepedulian dan apresiasi terhadap istri para prajurit Satkamla Lantamal III Jakarta yang senantiasa memberikan dukungan terhadap tugas-tugas suami. Dengan adanya gedung Jalasenastri diharapkan para istri dapat lebih aktif dan bersemangat dalam berorganisasi sehingga mempunyai wawasan yang lebih maju dalam rangka pembinaan keluarga.

Turut hadir pada acara tersebut, Dansatkor Koarmabar, para Asisten Danlantamal III, para Kepala Dinas (Kadis), Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Lantamal III. (jo-17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.