Jokowi-Ahok Pakai Pakaian Kebesaran Jayakarta Ditarik Kereta Kuda B 1 DKI

Jokowi dan Basuki di atas kereta kencana.
JAKARTA, JO- Nuansa kerajaan Nusantara sangat kental terasa pada puncak Festival Pagelaran Agung Keraton Sedunia (World Royal Heritage Festival) di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (8/12). Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wagub Basuki T Purnama pun membangkitkan kembali memori Kerajaan Jayakarta dengan berpakaian ala Raja Jayakarta.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, kirab budaya Pagelaran Agung Keraton Sedunia resmi diberangkatkan," ucap Jokowi yang kemudian diikuti dengan pukulan kentongan yang dipukul bersama dengan Basuki, dan perwakilan dari Kesultanan Singapura, Teungku Muhammad Syawal Ibni Alm Teungku Abdul Azis.

Dalam acara peresmian yang berlangsung sekitar pukul 15.30 WIB tersebut juga terlihat hadir presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri yang mengenakan kebaya dengan dipadu rok batik.

Jokowi dan Ahok kemudian menaiki sebuah kereta kencana yang ditarik oleh dua ekor kuda besar berwarna coklat. Jokowi bertindak sebagai kusir dalam kereta kencana bernopol B 1 DKI. Pakaian kebesaran warna hitam, dengan selendang dan topi yang didominasi warna merah.

Keduanya melemparkan senyum dan melambaikan tangan kepada warga yang telah menanti dengan setia di lokasi acara kirab. Puluhan ribu warga ini sudah menanti sejak siang tadi.

Di depan mereka, terlihat pasukan Paskibra DKI menjadi tim pertama yang melintas saat dimulai kirab budaya. Sedangkan di belakang kereta kencana Jokowi-Ahok terdapat 80 kereta kencana lain yang mengangkut para keluarga kerajaan yang menjadi peserta festival.
Selain itu, ada juga atraksi seni dari ratusan seniman nusantara. Mereka akan diarak mengelilingi Monas.

Festival Keraton Sedunia berlangsung di Jakarta mulai 5 Desember hingga 8 Desember, resmi dibuka Joko Widodo pada Kamis (5/12) lalu. Festival ini melibatkan 148 keraton dan pemangku adat di seluruh nusantara dan juga diikuti peserta dari 11 negara di antaranya Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Jepang, Inggris, Norwegia, Swedia, Portugal, Afrika Selatan, dan Denmark. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.