Condet Raya
JAKARTA, JO- Blusukan ke berbagai tempat di Jakarta, kembali dilakukan politisi PDI Perjuangan ini. Di kawasan Condet, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sempat menyampaikan kenangan bersama ayahnya Presiden RI Soekarno.

Selain jalan-jalan, Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) dan Megawati Soekarnoputri juga menggelar obrolan santai dengan warga di kawasan perkebunan salak Condet. Sejumlah persoalan seperti budidaya buah-buahan dan kawasan cagar budaya pun jadi bahan obrolan.

Jokowi sendiri mengatakan kawasan ini akan dikembalikan sebagai kawasan cagar budaya dan budidaya buah-buahan. Buah-buahan yang dibudidayakan adalah salak, durian, jamblang dan lainnya. Jokowi pun menyanggupi untuk menyuplai bibit tanaman buah-buahan itu.

Jokowi juga berjanji untuk mencarikan jalan keluar mengenai tingginya pajak penjualan buah-buahan, sebagaimana dikeluhkan warga Condet. Meski tidak menghilangkan 100 persen, dia berpikiran untuk mengurangi pajak hingga 50 persen.

Terkait Condet sebagai cagar budaya, Jokowi meminta lurah, camat dan walikota untuk tidak mengeluarkan izin mendirikan bangunan (IMB) di kawasan ini. Jokowi berjanji segera mengeluarkan SK larangan itu.

Megawati Soekarnoputri menyebut hafal mana salak yang matang dan mana yang mentah karena sering diajak sang ayah, Ir Soekarno ke Condet. Dia juga menyinggung kawasan Condet dijadikan cagar budaya saat gubernur Ali Sadikin karena memang rumah-rumah di sekitar Condet ini berbeda, yakni khas Betawi-nya sangat kental. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.