Proyek Monorel Dimulai, Tahun 2017 Mulai Beroperasi

Monorel
JAKARTA, JO- Setelah melakukan ground breaking yang menandai awal mulainya proyek MRT, maka pada Rabu (16/10) besok, hal yang sama akan dilakukan terhadap proyek monorel. Proyek monorel ini diperkirakan akan tuntas dan siap beroperasi pada awal tahun 2017.

Informasi yang diperoleh Jakarta Observer, Selasa (15/10), seremoni ground breaking digelar di Setia Budi Utara tepatnya di sebelah Tugu 66, pukul 09.00 WIB, dan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya pun sudah berkoordinasi untuk mengantisipasi kemacetan. Namun untuk awal-awal ini, pekerjaan hanya akan dilakukan pada malam hari, yakni mulai pukul 21.00 hingga 05.00.

Seperti dijelaskan Juru Bicara PT Jakarta Monorail Bovanantoo, pekerjaan pertama yang akan dilakukan adalah membuat pondasi untuk pear kolom lanjutan nomor 6. Nantinya akan dibangun tiang-tiang baru untuk jalur Green Line terlebih dulu.

Rute Green Line ini akan membentang sepanjang Kuningan - Kuningan Sentral - Gatot Subroto - Senayan - Asia Afrika - Pejompongan - Karet - Dukuh Atas - kembali ke Kuningan.

Sementara untuk rute Blue Line membentang sepanjang Kampung Melayu - Tanah Abang.

Green Line dirancang akan mengoperasikan 10 gerbong kereta dan Blue Line yang memiliki 18 gerbong kereta.

Mengenai nasib tiang-tiang lama yang sudah lebih dulu dibangun sebelum kemudian terhenti pembangunannya, menurut Bovanantoo, akan dilakukan uji terlebih dahulu, dengan alasan tiang yang akan dibangun saat ini dengan yang dulu berbeda kriterianya.

Namun begitu, kata dia, tiang-tiang lama itu sebenarnya baru mencapai dua persen dari kebutuhan tiang untuk membangun monorel. Tiang baru yang akan dibangun sepanjang 11,5 kilometer. Jadi, nantinya setiap jarak 24 meter akan dibangun tiang.

"Setelah ground breaking besok, kita menargetkan awal tahun 2017 monorel sudah dapat beroperasi," begitu Bovanantoo. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.