Pemimpin Asia Pasifik Tiba di Bali Mulai Hari Ini

Sejumlah standing banner sambut peserta KTT APEC.
NUSA DUA, JO- Sejumlah kepala negara dan pemerintahan di kawasan Asia Pasifik akan tiba di Bali mulai hari ini, Sabtu (5/10), untuk mengikuti kegiatan leaders meeting KTT APEC 2013 yang akan dimulai Senin (7/10) hingga Selasa (8/10).

Belum dikonfirmasikan siapa saja para pemimpin negara Pasifik itu yang akan tiba terlebih dahulu, namun dipastikan sedikitnya 20 kepala negara/pemerintahan akan hadir. Mereka antara lain Presiden China Xi Jinping, PM Kanada Stephen Harper, Presiden Rusia Vladimir Putin, PM Australia Tony Abbott, PM Jepang, PM Korsel, dan lainnya.

Sementara Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, telah datang Jumat kemarin untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri APEC. Dia kemungkinan mewakili Presiden AS Barack Obama yang akhirnya batal ke Bali karena sedang menghadapi masalah penutupan pemerintah AS terkait perbedaan pandangan yang keras di Kongres AS soal anggaran khususnya program kesehatan Obamacare.

Sebagai tuan rumah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, siang ini sudah tiba di Bali, dan langsung melakukan peninjauan ke berbagai lokasi untuk memastikan seluruh persiapan perhelatan besar itu berlangsung dengan baik.

"Leaders meeting akan dilakukan dari Senin pagi sampai Selasa. Pada hari Rabu paginya atau 9 Oktober 2013, Presiden SBY akan bertolak ke Brunei Darussalam untuk mengikuti KTT ASEAN," kata Wakil Ketua Panitia Nasional KTT APEC 2013 Chairul Tanjung dalam pernyataanya di Nusa Dua, Bali, hari ini.

( Cek hotel di Nusa Dua, Bali, bandingkan tarif dan baca ulasannya | Cek hotel di Seminyak, Bali, bandingkan tarif dan baca ulasannya | Cek hotel di Kuta, Bali, bandingkan tarif, dan baca ulasannya )

Sementara itu, hari ini, digelar pertemuan para pengusaha dan anak muda se-Asia Pasifik membahas usaha mikro, kecil dan menengah (UKMKM). Acara yang dilangsungkan di Hotel Ayana, Jimbaran ini dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Indonesia Syarief Hasan.

Turut memberikan sambutan adalah APEC SMEE Summit 2013 Committee Chair & Vice Chair, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UKM dan Koperasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Erwin Aksa, dan Chairman McKinsey & Company Indonesia Raoul Oberman.

Selain itu dalam pembahasan, akan berbicara Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Gatot Suwondo, Presiden Direktur Ciputra Surya Harun Hajadi, CEO Saratoga Capital Sandiaga Uno, Managing Director Endeavor Sati Rasuanto, Ketua HIPMI Raja Sapta Oktohari, dan CEO Tinker Game, Muhammad Ajie Santika.

Menurut Erwin Aksa, UMKM sangat layak untuk menjadi pembahasan dalam agenda sebesar ini. Tema yang diusung pun adalah terkait bagaimana membentuk dan merancang kesuksesan usaha mikro-kecil-menengah Indonesia dan Asia Pasifik.

Sementara Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu yang juga pimpinan senior official meeting, mengungkapkan, APEC mendukung pengembangan UMKM, termasuk industri jamu di Indonesia sebagai obat alternatif. Disepakati soal upaya pemberian akses yang lebih luas kepada pengusaha menengah ke bawah termasuk untuk petani. (jo-19)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.