PERKEMBANGAN SURIAH >> Setiap 15 Detik, Warga Suriah Jadi Pengungsi

Pengungsi Suriah, paling memprihatinkan abad ini,
menurut UNHCR.
JAKARTA, JO- Setiap 15 detik warga Suriah menjadi pengungsi saat ini. Menurut angka yang dilansir badan pengungsi PBB, UNHCR, jumlah pengungsi kini sudah mendekati angka 2 juta orang.

Sebagai perbandingan, jumlah tahun lalu adalah 230.671 orang.

Seperti dilansir CNN, Selasa (2/9), UNHCR menyebut, banyak wanita, anak-anak dan orang-orang yang melintasi perbatasan dengan kantong pakaian di punggung mereka.

Mereka melarikan diri karena takut kondisi Suriah seperti saat ini akan merampas masa kanak-kanak mereka. Hampir 1,8 juta orang selama 12 bulan terakhir melakukan pengungsian, yang disebut-sebut sebagai "alarm" sebuah trend baru dan belum ada sinyal akan berakhir.

Menurut PBB, lebih dari 100.000 orang- termasuk warga sipil- tewas di Suriah sejak negara ini telah pecah ke dalam situasi perang saudara tahun 2011.

"Suriah telah menjadi tragedi besar abad ini, sebuah bencana kemanusiaan dengan penderitaan dan perpindahan yang tidak tertandingi dalam sejarah," kata Antonio Guterres, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi.

Dan ada kabar lebih serius lainnya: 4,25 juta orang terlantar di dalam wilayah Suriah, kata UNHCR, yang berarti bahwa lebih dari 6 juta orang telah meninggalkan rumah mereka di negara ini.

Empat negara penerima terbesar pengungsi Suriah adalah:
Lebanon -- 716.000
Jordan -- 515.000
Turkey -- 460.000
Iraq -- 168.000

Menteri pemerintahan dari keempat negara ini akan bertemu dengan UNHCR di Jenewa, pada Rabu (3/9) waktu setempat. (jo-1)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.