Kulit kabel yang ditemukan di gorong-gorong beberapa
waktu lalu.
JAKARTA, JO- Pemilik bungkus kabel yang ada di saluran air di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat ternyata adalah PT Telkom. Para pencuri diketahui mengambil tembaga dari kabel dan bungkus atau kulitnya ditinggal di dalam saluran air.

Pihak Polda Metro Jaya sudah memastikan kabel itu adalah milik PT Telkom setelah pengakuan dari PT Telkom dan disesuaikan dengan contoh kabel dan ciri-ciri yang dimiliki.

Menurut Kasudbit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Ferdy Iriawan di Jakarta, pekan ini berkas perkara kasus pencurian kabel di saluran air akan dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

" Telkom sudah mengakui itu adalah miliknya, kita juga sudah sesuaikan dengan contoh kabel dan ciri-cirinya," kata Ferdy Irawan di Jakarta, Rabu (6/4).

Selain PT Telkom, sebelumnya Polda juga sudah memanggil , Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat; Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat, dan PLN untuk mengidentifikasi pemilik kabel.

Masih menurut Ferdy Irawan, pihaknya kini tengah fokus melengkapi BAP pencurian kabel, sambil menelusuri adanya dugaan korupsi.

Sebelumnya, masalah kulit kabel ini menjadi perdebatan setelah diketahui menjadi penyebab banjir dengan menyumbat saluran air di sekitar Jalan Medan Merdeka. Dari penelusuran yang dilakukan ternyata ada kelompok pencuri yang melakukan pencurian dengan cara membobok saluran.

Kabel yang dicuri merupakan kabel bekas. Mereka hanya mengambil tembaga yang berada di dalam kabel. Sementara bungkusnya dinilai kurang berharga ditinggal di dalam saluran air.

Para pelaku penurian, menurut polisi, ialah STR alias BY,45, yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta; MRN alias N,34; SWY alias SM,45; RHM alias GUN,43; dan AT alias TGL,48. Kelimanya berperan memotong dan mengupas kulit kabel di gorong-gorong. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Diberdayakan oleh Blogger.