Kapolri Memimpin Penanaman Pohon Serentak se-Indonesia

Penanaman bibit pohon di lereng Gunung Pusuk Buhit Sigulatti di Kecamatan Sianjur Mula-mula.


PUSUKBUHIT, Jakartaobserver.com- Penghijauan berupa penanaman bibit pohon serentak dilakukan di seluruh Indonesia pada Rabu (23/8/2023) pukul 08.15 WIB. Kegiatan ini dilakukan masih dalam rangka perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.
 
Di Samosir, kegiatan penanaman pohon dilakukan di lereng Gunung Pusuk Buhit Sigulatti di Kecamatan Sianjur Mula-mula, dihadiri oleh sejumlah tokoh antara lain Asisten I Setda Kabupaten Samosir Tunggul Sinaga, MM mewakili Bupati Samosir, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, SH, SIK, MH, Danramil 03 Pangururan Kptn Inf Sugino Mewakil Dandim 0210 TU.
 
Kemudian Kajari Samosir Andi Andikawira Putera, SH, MH, Kalapas Pangururan, Kadis Pariwisata, Ketua Bhayangkari Cabang Samosir Ny Widia Hardiman beserta pengurus, Camat Pangururan Tobintang Naibaho, Camat Sianjur Mula-mula Sihar Limbong dan PJU Polres Samosir.
 
Penghijauan ini juga memiliki dimensi virtual. Pada pukul 07.30 WIB, giat ini dimulai secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting oleh Mabes Polri yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi. Kegiatan ini diikuti oleh Kapolda dan Kapolres dari seluruh penjuru Indonesia. Bapak Kapolri sendiri memulai penanaman bibit dan langsung diikuti oleh para jajaran Polda dan Polres di seluruh Indonesia dan Polsek Jajaran Polres Samosir.

Dalam acara ini, Kabupaten Samosir menyiapkan 1.500 batang bibit pohon, termasuk jenis Makademia Nuts dan Pohon Anti-Api. Bibit-bibit ini diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir.

 Tidak hanya itu, polsek jajaran Polres Samosir juga turut serta dalam penghijauan dengan menanam 100 batang pohon per polsek yakni di Pantai Pandua dan HKBP Nainggolan untuk wilayah hukum Polsek Onanrunggu, di Perbukitan Desa Turpuk Sihotang untuk wilayah hukum Polsek Harian, di Oea Porohan Desa Salaon Toba untuk wilayah hukum Polsek Pangururan, di Aek Natonang Desa Tanjungan untuk wilayah hukum Polsek Simanindo dan di Desa Palipi dekat pantai untuk wilayah hukum Polsek Palipi.
 
Pada pukul 10.30 WIB, rangkaian kegiatan penanaman bibit pohon selesai dilaksanakan melalui Zoom Meeting, dan dilaporkan berjalan dengan lancar. Personil Polres Samosir dan Polsek Jajaran melanjutkan penanaman pohon di lokasi masing-masing.
 
Kapolres Samosir, didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Samosir, menyampaikan bahwa "kegiatan penghijauan ini diinisiasi oleh Kapolri dan diikuti oleh 34 Polda dan seluruh Polres Jajaran di Indonesia. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa 1.500 batang pohon disiapkan untuk wilayah Kabupaten Samosir, sementara untuk lokasi di lereng Gunung Pusuk Buhit Sigulatti disiapkan 1.000 batang pohon. Selanjutnya, 500 batang pohon akan ditanam di lima polsek jajaran Polres Samosir.
 
"Tujuan utama pelaksanaan penanaman bibit pohon ini adalah untuk penghijauan dengan jenis Pohon yang kita tanam yakni Pohon yang dapat menyerap air / menahan air dan Pohon Anti-Api. Kita menanaman bibit pohon ini sekaligus untuk mendukung lokasi strategis pariwisata Kabupaten Samosir," katanya. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.