Nuroji : Sebut Kota Depok Belum Layak Jadi Kota Kreatif

Nuroji

DEPOK, Jakartaobserver.com- Kota Depok belum layak menjadi Kota Kreatif karena belum ada yang bisa dibanggakan dari Depok itu sendiri.
 
Demikian dikatakan anggota Komisi X DPR RI Ir Nuroji saat ditemui di kawasan Margonda, Beji Kota Depok, Kamis (8/6/2023).
 
"Sebenarnya kami sudah sodorkan dan usulkan hal tersebut, tapi harus dibangun dulu dan dipersiapkan bukan langsung penunjukan,"katanya.
 
Dia menegaskan Depok belum layak dijadikan Kota Kreatif, Depok mau dibawa arahnya kemana. "Untuk mencari apa yang dibanggakan Depok dimana, kan belum ada dan belum jelas,"katanya.
 
Dia juga menyinggung pembentukan 5000 Wirausaha Baru, dia menduga 5000 Wira Usaha Baru perlu dilakukan verikasi juga.
 
"Apa tukang kerupuk, kritik dong, apa dibilang kuliner atau dibidang apa mereka, paling itu doang dan tidak bisa dibilang kreatif,"katanya.
 
Nuroji memperbandingkan Depok dengan Ambon yang mendapatkan penghargaan dari Unesco sebagai Kota musik. Di sana ada anak anak bermain musik dan bagus dan itu dikatakan sebagai Kota Kreatif.
"Kota Ambon ada iconnya musik sementara Kota Depok apa icon sebenarnya,"katanya.

Di Ambon ada gedung musik, Kreatif dan sanggar yang ada disana didukung oleh pemerintahnya. "Sementara di Depok ada apa, ada pelatihan 5000 wirausaha, apa setelah melakukan pelatihan mereka akan jadi wirausaha," sambungnya..
 
Belum tentu mereka mendapatkan pelatihan menjadi wirausaha. Dia menambahkan usulan kota sebagai Kreatif, apa dibidang kuliner, komputer. Bentuk dulu pondasinya jangan asal menujuk begitu aja.
 
Depok dan Solo ditetapkan sebagai kota yang akan mewakili Indonesia untuk masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO 2023. Penetapan itu dilakukan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengusulan Nominasi Anggota Jejaring Kota Kreatif UNESCO 2023.
 
Dalam nominasi, Depok dan Solo mengungguli kota lainnya seperti Bantul, Bitung, Salatiga, dan Ponorogo. Nantinya, Depok dan Solo bakal bersanding bersama kota-kota kreatif lainnya di dunia.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengucapkan selamat kepada Depok dan Solo yang terpilih mewakili Indoensia masuk Jejaring Kota Kreatif UNESCO. (gayuh)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.