Anggota DPR RI Marinus Gea saat melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (21/6/2023).

TANGERANG KABUPATEN, Jakartaobserver.com- Anggota DPR RI dari Fraks PDI Perjuangan Marinus Gea, SE, MAk kembali menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Tangerang. Marinus Gea mengingatkan pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa.
 
Dalam sosialisasi yang berlangsung di Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten pada Rabu (21/6/2023) dihadiri peserta dari paguyuban orang-orang Tionghoa, Marinus Gea menyebut Indonesia adalah bangsa yang beragam suku, ras, agama, bahasa, golongan-golongan yang menghuni lebih dari 17 ribu pulau.
 
"Pancasila menjadi anugerah kepada bangsa Indonesia karena mampu mempersatukan kita yang berbeda-beda. Banyak negara yang hanya punya satu bahasa dan budaya tapi terpisah menjadi dua atau lebih negara. Kita patut bersyukur akan hal ini dan harus terus menjaga dan melestarikan Pancasila," ucap Marinus.
 
Dia mengingatkan khususnya kepada geneasi muda untuk terus meningkatkan pemahamannya mengenai Pancasila, sebab berdasarkan survei disebutkan pemahaman Pancasila oleh generasi milenial sangat tipis. Kondisi tersebut sebab dicabutnya Ketetapan MPR No II tahun 1978 tentang P4. Kemudian juga terkait undang-undang sistem pendidikan nasional (Sisdiknas) yang diubah, dan dihilangkan mata ajar dan mata kuliah Pancasila.

“Itu sebabnya kita mendukung sosialisasi Pancasila digencarkan, termasuk dalam dunia pendidikan," sambung Marinus, anggota parlemen dari Dapil Banten III meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Dengan Pancasila, khususnya terhadap Sila Ketiga Persatuan Indonesia, masyarakat menempatkan persatuan dan kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan. Tak hanya itu, setiap warga negara juga sanggup rela berkorban demi kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
 
"Selain itu, melalui Pancasila, kita terus mengembangkan rasa cinta tanah air dan bangsa, mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia, termasuk mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika," katanya.
 
Dijelaskan juga Pancasila memiliki fungsi dan kedudukan sebagai jiwa bangsa Indonesia, sebagai kepribadian bangsa Indonesia, sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai dasar negara Indonesia, sebagai sumber dari segala sumber hukum bagi negara Republik Indonesia,sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia pada waktu mendirikan negara, dan sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia. (jo4)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.