Anggota DPR RI Marinus Gea melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kota Tangerang, Banten.

KOTA TANGERANG, Jakartaobserver.com- Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Marinus Gea, SE, MAk kembali lagi melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kota Tangerang, Banten pada Kamis (4/5/2023).
 
Kepada masyarakat khususnya generasi muda yang hadir dalam sosialisasi itu, Marinus Gea mewanti-wanti agar terus mengamalkan nilai-nilai yang dikandung Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari.
"Sebagai generasi penerus yang akan memimpin bangsa ini kelak, generasi muda harus memahami Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.
 
Diharapkan masyarakat dapat memahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan agar dapat di terapkan di lingkungan dan dapat dijadikan acuan untuk menanamkan nilai nilai kebangsaan kepada anak-anak generasi bangsa.

Menurut Marinus Gea, membumikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mendesak dilakukan, sehingga jangan sampai keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara tergerus terutama di kalangan generasi muda.
 
Saat mendirikan negeri ini, para pendiri bangsa menetapkan Pancasila sebagai dasar bagi masyarakat untuk berbangsa dan negara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) . Harapannya tentu Pancasila menjadi panduan dalam kehidupan bernegara setiap warganya. Namun lambat laun, Pancasila justru semakin teralienasi.
 
Beberapa poin penting yang harus ditanamkan kepada generasi muda. Pertama, membangun semangat kebhinekaan. Kedua, pengakuan terhadap perbedaan. Ketiga, perlakukan sama terhadap berbagai komunitas. Keempat, penghargaan yang tinggi terhadap hak asasi manusia (HAM).
 
Terakhir, kesadaran bahwa hanya dengan memegang teguh nilai-nilai luhur Pancasila, bangsa Indonesia akan selamat, berkarakter kuat, dan berperadaban unggul di tengah-tengah masyarakat dunia. (jo4)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.