PDGI Kota Depok mengadakan Bakti Sosial Dentist Goes to School di SDN Utan Jaya, Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat.

DEPOK, Jakartaobserver.com- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia atau World Oral Health Day (WOHD) atau Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Depok mengaadakan Bakti Sosial Dentist Goes  to School di SDN Utan Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar).
 
Ketua PDGI Cabang Kota Depok Setiawan Witjaksana kepada wartawan mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya menurunkan sekitar 100 dokter gigi dan mahasiswa.
 
Kegiatan WOHD merupakan agenda tahunan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret setiap tahunnya.
 
Federasi Kedokteran Gigi Sedunia (FDI) telah mencanangkan program WOHD agar dapat dilaksanakan di seluruh dunia. Adapun kegiatannya berupa pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Dengan jumlah peserta 855 siswa.
 
"Kegiatan hari ini kita adakan dalam rangka peringatan hari kesehatan gigi sedunia, yang diadakan setiap tanggal 20 Maret, serentak diperingati di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia dan di Depok saja. Di Indonesia sendiri ada 100 cabang PDGI yang mengadakan peringatan WOHD," ujarnya.
 
Dia menambahkan kegiatan ini terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang satu yakni kelas I, II dan VI, sementara gelombang 2 yakni kelas II, III dan IV. 
 
Untuk kelas I melaksanakan sikat gigi bersama di lapangan, sedangkan kelas II-VI seluruhnya di ruang kelas untuk diberikan edukasi kesehatan gigi dan mulut, sekaligus pemeriksaan gigi dan mulut.
 
Dengan aktifnya organisasi profesi dokter gigi ini turun ke sekolah-sekolah, bisa memberikan edukasi sejak dini ke anak-anak sekolah, supaya mereka bisa lebih perhatian terhadap kesehatan gigi dan mulut.
 
"Sehingga mereka bisa menjadi agent of change atau agen perubahan di rumah untuk orang tuanya, kakaknya, atau adiknya. Jadi, tidak hanya dia saja yang kita edukasi, tapi mereka diharapkan bisa mengedukasi keluarganya," katanya.
 
Untuk menjaga kesehatan gigi, Setiawan menyarankan agar anak-anak mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Lalu, menghindari makanan yang mengandung gula berlebih.

Kegiatan ini ditujukan bagi anak-anak sekolah dan diberikan edukasi agar bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut yang nanti akan dievaluasi selama 21 hari. Serta juga rajin membersihkan gigi dan mulut ke dokter gigi, minimal enam bulan sekali.
 
PDGI Cabang Kota Depok menggelar bakti sosial minimal setahun dua kali. Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Kota Depok, Mary Liziawati mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh PDGI Kota Depok.
 
Melalui bakti sosial tersebut, anak-anak diberikan edukasi terkait cara menjaga kesehatan mulut, cara menggosok gigi yang baik dan untuk memeriksakan gigi secara teratur terlebih jika ada keluhan. 
 
"Jadi, berdasarkan data jumlah masalah gigi itu, terbanyak ada di usia 5-9 tahun,"katanya. Sehingga ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat baik, untuk bisa mengintervensi permasalahan kesehatan gigi yang ada.
 
Sementara Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Wawang Buang mengucapkan terima kasih kepada PGDI yang sudah memberikan edukasi kepada peserta didik dalam hal kesehatan mulut dan gigi.
 
"Kami ucapkan terima kasih kepada Dokter Setiawan dan tim yang sudah berkesempatan menghadirkan kegiatan ini,"katanya.
 
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini kesehatan mulut dan gigi siswa terjaga dengan baik dan sempurna. (gayuh)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.