Martua Sitanggang

SAMOSIR, Jakartaobserver.com- Melanjutkan Bunga Desa (Bupati/ Wakil Bupati Ngantor di Desa), Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang berkantor di Desa Janji Raja Kecamatan Sitio-tio, Jumat (17/02/2023).
 
Selain melihat secara langsung kondisi desa, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang menampung berbagai aspirasi masyarakat Janji Raja. Selama berkantor di Desa Janji Raja, Wakil Bupati Samosir membawa pelayanan gratis sebagai upaya pendekatan pelayanan yang memudahkan kepada masyarakat Desa Janji Raja.
 
Pelayanan gratis yang langsung menyentuh dan dirasakan masyarakat antara lain pelayanan kesehatan gratis, imunisasi polio bagi anak berusia 0-59 bulan, Implan KB gratis, pendaftaran untuk BPJS, pelayanan administrasi kependudukan, sosialisasi pembuatan pupuk organik, pengurusan ijin berusaha.
 
Selain itu, Wakil Bupati Samosir memberikan perhatian kepada petani berupa bantuan pertanian berupa pupuk organik, dan bantuan pendidikan bagi siswa berprestasi dan kurang mampu, pemberian makanan tambahan kepada Balita serta berbagai program pelayanan lainnya.
 
Turut hadir Asisten I Tunggul Sinaga, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Camat Sitiotio Harry Naibaho, pimpinan OPD, TBPP Charles Sitindaon, Marhuale Simbolon, Raun Sitanggang.
Kehadiran Wakil Bupati Samosir dan rombongan disambut antusias masyarakat dan memberikan ulos sebagai ucapan syukur atas kehadiran Wakil Bupati Samosir yang merakyat.
 
Tokoh masyarakat Desa Janji Raja menyampaikan, perlunya perhatian Pemkab Samosir dalam penanganan infrastruktur untuk mempermudah akses dan berbagai kegiatan masyarakat. Akibat jalan yang tidak bagus membuat masyarakat dan anak-anak sekolah kesulitan beraktivitas, terutama pada musim penghujan yang menyebabkan jalan licin.
 
Dengan kehadiran Wakil Bupati, masyarakat berharap akan membawa perubahan kedepan di Desa Janji Raja. Selain itu, masyarakat meminta peningkatan pendidikan berupa perbaikan fasilitas sekolah, penambahan tenaga pengajar (guru), penambahan tenaga kesehatan, jalan usaha tani (JUT), pembuatan tapal batas daerah dengan Kabupaten Humbang Hasundutan.
 
Melalui Bunga Desa ini, tokoh masyarakat Harianja meminta Jalan Simpang Gotting-Janji Raja dapat dituntaskan, memohon agar Bupati/ Wakil Bupati serta DPRD Dapil IV dapat menyuarakan keluhan mereka kepada Provinsi agar jalan Provinsi tersebut dapat diperbaiki.

Menanggapi Keluhan masyarakat, Wabup menjelaskan bahwa Jalan Gotting merupakan wewenang gubernur dan sudah dibuat dalam program sehingga jalan gotting tembus sampai Humbahas, hal ini juga untuk mendukung destinasi pariwisata yang ada di Sitio-tio, terang Wabup. Melalui dinas terkait, Wabup menegaskan agar apa yang menjadi aspirasi masyarakat ditindaklanjuti.
 
Di hadapan masyarakat, Wakil Bupati Samosir mengatakan bahwa program Bunga Desa memiliki tujuan positif, dapat bertemu dan mendengar secara langsung apa yang menjadi keluhan masyarakat. “Usulan yang disampaikan kemungkinan besar sudah ada di musrembang desa bahkan kecamatan namun kami ingin bertemu, bertatap muka dan mendengar langsung keluhan tersebut dan saya sangat senang dengan acara ini,” ungkap Wabup.
 
Wabup menekankan Kepala OPD harus melanjutkan kegiatan berkantor di desa untuk mendengarkan keluhan masyarakat, ” Kegiatan ini harus dilanjutkan, tanpa kehadiran bupati dan wakil bupati pun seluruh kepala OPD harus dan selayaknya berkantor di Desa untuk mendengar aspirasi-aspirasi masyarakat,” tegas Martua.
 
Untuk tahun 2023 Desa Janji Raja akan disentuh dengan pembangunan jalan Upa Rongit yang bersumber dari APBD Kabupaten Samosir.
 
Pelayanan administrasi yang dibawa dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Pengurusan berbagai dokumen masyarakat Desa Janji Raja berlangsung cepat, tepat dan selesai. Seraya pelayanan tetap berjalan, Wakil Bupati Samosir bersama OPD terkait menyerahkan dokumen yang sudah selesai kepada masyarakat. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.