KORMI Sosialisasi Olahraga Tradisional dan Olahraga Daerah di SMAN 10 Kabupaten Tangerang

Olahraga tradisional yang disosialisasikan.


TANGERANG, Jakartaobserver.com-
Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) melakukan sosialisasi olah raga tradisional dan olah raga daerah di SMA Negeri 10 Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (14/11/2022) lalu.
 
Tim sosialisasi dan pelatih dari KORMI yang hadir ke SMA Negeri 10 Kabupaten Tangerang sebanyak tujuh orang, dengan peserta siswa/i SMA Negeri 10. Tim sosialisasi ini disambut baik Kepala Sekolah SMA Negeri 10 Ayi Ruswandi, SPd.
 
Sebelumnya Menpora Zainduin Amali menetapkan bahwa Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) telah berganti nama menjadi Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), dengan Dedi Sutardi,SE,MBA sebagai Ketua umum KORMI untuk Kabupaten Tangerang.
 
Pelatih KORMI menjelaskan, tujuan sosialisasi olahraga tradisional adalah untuk menggali, membagikan dan melestarikan budaya bangsa. KORMI sendiri memiliki tiga komisi yang Pertama adalah Olahraga Senam atau Kebugaran dan jalan santai; Kedua adalah olahraga tradisional dan seni budaya; dan yang ketiga adalah olahraga petualangan dan tantangan.


Tapi untuk sosialisasi kali ini disosialisasikan olahraga tradisional dan seni budaya baik di tingkat kabupaten atau kota, tingkat provinsi, tingkat nasional bahkan ke tingkat dunia atau internasional.


 
Jenis olahraga tradisionil atau seni budaya yang diperkenalkan dan disimulasikan adalah:
1. Terompah Panjang atau biasa disebut Bakiak adalah salah satu permainan tradisional. Bahannya dibuat dari kayu panjang seperti seluncur es yang sudah dihaluskan dan diberi beberapa selop diatasnya, biasanya untuk 3-5 orang dan Jarak tempuh 50 meter bolak balik.

2. Egrang adalah sebuah permainan tradisional yang menggunakan sepasang bambu untuk berjalan,yang mana, bambu dibentuk seperti tongkat yang memiliki tumpuan kaki yang terbuat dari kayu,dengan jarak tempuh 50 meter dengan berlari dan bukan berjalan.

3. Sumpit atau sumpitan bahasa Kalimantan Tengah: (sipet) adalah senjata yang digunakan untuk berburu maupun dalam pertempuran terbuka atau sebagai senjata rahasia untuk pembunuhan diam diam.

4.Lari Balok adalah salah satu olahraga tradisional di Indonesia yang dilakukan dengan berlari di atas balok-balok yang disusun membentuk satu jalur lintasan. Olahraga ini memerlukan alat yang sederhana yaitu hanya memerlukan balok.

5.Permainan Tradisional Ketapel adalah mainan sederhana yang berbentuk huruf Y. Pada bagian atas (kanan dan kirinya) diikat dengan karet dan ditengahnya dipilin dengan sebuah kulit sebagai tempat batu yang akan dilontarkan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 10 Ayi Ruswandi, SPd berterima kasih atas kedatangan tim dari KORMI yang menjelaskan dan mensosialisasikan olahraga tradisional dan olahraga daerah demi untuk tetap melestarikan olahraga tradisional dan seni budaya Bangsa Indonesia berharap supaya bisa dikenal oleh dunia internasional. (rofli n)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.