Toba Joujou Festival 2022

SAMOSIR, Jakartaobserver.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Solahuddin Uno membuka secara resmi kegiatan Toba Joujou Festival 2022 yang digelar oleh Bank Indonesia Perwakilan Sibolga di Kampung Ulos Hutaraja, Desa Lumban Suhisuhi Toruan, Kabupaten Samosir, Senin (17/10/2022).
 
Dalam opening remarks, selain menghadirkan Menparekraf RI secara virtual, juga hadir dilokasi diantaranya Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST, Kepala KPw BI Sumut Doddy Zulverdi, Direktur Departemen Regional BI Naek Tigor Sinaga, Kepala KPw BI Sibolga Yuliansah Andrias, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas M Sinaga, Pj Sekda Hotraja Sitanggang, pimpinan OPD, Ketua TP PKK Samosir, Kepala Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan, pegiat wisata dan seni budaya serta masyarakat Kampung Hutaraja.
 
Menparekraf Sandiaga Solahuddin Uno yang hadir secara virtual dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengembangan destinasi wisata yang didukung potensi UMKM lokal sangat diperlukan dalam upaya pemulihan ekonomi dan pendapatan devisa.
 
"Sebagai upaya kontribusi dalam pemulihan ekonomi, promosi perdagangan nasional, kontribusi dalam mendukung Presidensi G20 Indonesia, gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia melalui pengembangan wisata dan UMKM, maka kegiatan Toba Joujou Festival 2022, secara resmi saya buka," ujar Sandiaga Uno.
 
Selanjutnya, Bupati Samosir Vandiko T Gultom, ST bersama Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Kepala KPw BI Sumut Doddy Zulverdi, Direktur Departemen Regional BI Naek Tigor Sinaga, Kepala KPw BI Sibolga Yuliansah Andrias melakukan pemukulan gondang sebagai simbolis dibukanya pelaksanaan Toba Joujou Festival 2022.
 
Sebelumnya, Kepala Perwakilan BI Sibolga Yuliansah Andrias dalam laporannya menyampaikan kegiatan Toba Joujou Festival 2022 akan berlangsung selama dua hari tanggal 17-18 Oktober 2022.
Toba Joujou Festival 2022 merupakan upaya pemulihan ekonomi dan promosi perdagangan melalui dukungan pada pariwisata dan UMKM diberbagai sektor potensial.

Dikatakan, selama dua hari, Toba Joujou Festival 2022 akan diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Toba Joujou Show dengan menggelar Fashion Show Wastra Lokal, Coffe Competition, Push Rank UMKM Award. Toba Joujou Fair dengan menggelar UMKM Expo, Business Matching UMKM, Music Festival, dan Toba Joujou Forum, dengan menggelar Talkshow pengembangan Pariwisata, UMKM dan diseminasi penelitian Desa Wisata. Toba Joujou Festival 2022 juga akan dihibur oleh Marsada Band, Vicky Sianipar feat Alsant Nababan dan Ogar Nababan.
 
Kepala Perwakilan (KPw) BI Sumut Doddy dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka memperkuat kapasitas pelaku UMKM melalui Capacity Building dari berbagai aspek kepada pelaku UMKM, sehingga ada peningkatan kemampuan produksi, dan peningkatan kemampuan menjual serta menambah nilai jual.
 
Sementara itu, anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang menginisiasi kegiatan Toba Joujou Festival 2022, dengan tujuan memajukan potensi wisata dan mengoptimalisasi potensi UMKM.
 
"Saya kira, kegiatan ini sangat penting dalam mendukung Kawasan Danau Toba sebagai KSPN. Bank Indonesia telah mengambil peran dalam event bertajuk Toba Joujou Festival 2022", ujarnya.
 
Dirinya berharap, BI Perwakilan Sibolga agar tetap memonitor dampak dari pelaksanaan kegiatan ini nantinya, sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Dirinya juga mengajak masyarakat agar mengambil peran dalam mendukung upaya pemerintah dalam memajukan pembangunan di daerah ini.
 
Bupati Samosir Vandiko T Gultom, ST juga mengapresiasi pelaksanaan Toba Joujou Festival 2022 sebagai upaya kreativitas dalam mempercepat pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata dan UMKM.
 
"Dari tajuknya Toba Joujou yang berarti 'panggilan', tentu saya berharap agar kita semua terpanggil khususnya masyarakat Samosir untuk lebih pro aktif dalam berkreasi, berinovasi melestarikan dan memanfaatkan warisan leluhur kita untuk peningkatan perekonomian," harapnya.
 
Salah satu kekayaan budaya kita yang melegenda adalah Ulos. Ulos telah mendunia dan telah diusulkan salah satu warisan budaya takbenda ke UNESCO.
 
"Hari ini, 17 Oktober 2022, kita merayakan ulos sebagai warisan takbenda Indonesia yang ke-8, sejak diterbitkannya Kepmendikbud pada tanggal 17bOktober 2014. Maka pada kesempatan ini saya menyampaikan Selamat Hari Ulos kepada seluruh Bangso Batak di dunia," ujar Bupati.
 
Mengakhiri sambutannya, melalui kegiatan Toba Joujou Festival 2022, Bupati mengajak seluruh elemen khususnya generasi muda untuk lebih kreatif dan fokus mengelola seluruh warisan budaya khususnya ulos sebagai karya seni dan teknologi tradisional, tanpa menghilangkan originalitasnya.
 
"Jadikanlah ulos sebagai salah satu ikon fashion yang keren dan menarik melalui inovasi dan kreasi yang dapat dijangkau oleh semua kalangan. Dengan demikian kita telah turut aktif mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata," tegasnya.
 
Dalam rangkaian acara pembukaan Toba Joujou Festival 2022, juga dilaksanakan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia diantaranya Bantuan Sarana dan Prasarana Galeri Ulos dan Coffe Shop kepada BUMDes Wisata Lumban Suhisuhi Toruan, Bantuan Pembangunan Tourism Information Center (TIC) Bukit Holbung kepada BUMDes Hariara Pohan dan Bantuan Pembangunan Rumah Produksi Andaliman kepada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Unity.
 
Kemudian penandatanganan Perjanjian Kerjasama Business Matching Ekspor antara Poktan Dosroha dengan PT. MIO dan Penandatangan Kerjasama Pembiayaan antara Bank Negara Indonesia dengan Geleri Dame Ulos. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.