Sosialisasi Empat Pilar, Evita Nursanty Ingatkan Bahaya Ideologi Transnasional

Dr Evita Nursanty, MSc saat melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Purwodadi, Grobogan, Senin (1/8/2022).


PURWODADI, Jakartaonbserver.com- Anggota MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dr Evita Nursanty, MSc kembali mengingatkan kepada masyarakat di daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah III untuk mewaspadai ekspansi ideologi transnasional yang berlawanan dengan Pancasila.
 
Menurutnya, ekspansi ideologi asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia itu semakin masif terjadi melalui keterbukaan informasi seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informatika. Karena itu Evita meminta agar tetap berpegang teguh pada ideologi Pancasila.
 
"Kemajuan teknologi komunikasi dan informatika dewasa ini demikian cepat dan semua tawaran ideologi muncul dan jika tidak waspada kita akan terseret ideologi alternatif yang mengajarkan kekerasan dan merusak persatuan kesatuan bangsa, yang kemudian berpotensi mengikis ideologi bangsa, yaitu Pancasila" kata Evita dalam sosialisasi Empat Pilar MPR di Danau Resto Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Senin (1/8/2022) pagi.
 
Hadir peserta sosialisasi sekretaris Dinas Perdagangan Kabupaten Grobogan, sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Grobogan, perangkat desa, dan para tokoh masyarakat.
 
Dikatakan, Pancasila merupakan ideologi yang bersifat terbuka, artinya Pancasila senantiasa beradaptasi dengan perkembangan jaman yang ada tanpa mengubah nilai fundamental. Kendati memiliki sifat dinamis, perlu dipahami agar masyarakat cermat dalam memanfaatkan keterbukaan arus informasi tersebut.

"Secara positif perkembangan teknologi komunikasi dan informatika masyarakat dapat dengan mudahnya mengakses informasi, mengasah ilmu pengetahuan yang kemudian dapat berdampak positif pada peningkatan kualitas sumber daya manusia dari sisi pengetahuan atau wawasan. Tapi dari sisi negatifnya harus diwaspadai pengaruh ideologi-ideologi asing tadi," sambungnya.
 
Pada bagian lain, anggota Komisi VI DPR RI ini juga menegaskan, kolaborasi aksi seluruh elemen masyarakat memiliki peranan penting dalam kebangkitan dan pemulihan Kabupaten Grobogan di masa transisi pandemi Covid 19.
 
"Sebagai bangsa yang bergotong royong kita terus melakukan kolaborasi untuk bersama-sama memikirkan bagaimana semua sektor bangkit sehingga bangsa ini semakin maju dan disegani oleh bangsa-bangsa lain," ucap Evita.
 
Sosialisasi empat pilar dapat memperkuat persatuan dan ketahanan Indonesia agar tak mudah goyah oleh isu-isu yang datang dari dalam maupun luar negeri. Oleh karenanya nilai-nilai Pancasila dan Kebangsaan amat penting untuk ditanamkan sejak dini dalam kehidupan bermasyarakat guna menghadapi berbagai dinamika yang terjadi. (jo4)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.