Pelatihan jurnalistik bagi SMA sederajat di Tapos dan Cimanggis, Depok.

DEPOK, Jakartaobserver.com- Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Korda Kota Depok dan PT Karabha Digdaya menggelar pelatihan jurnalistik bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ada di Kecamatan Tapos dan Cimanggis.
Pelatihan digelar di Ruang Emeralda 1, Emeralda Golf Club dan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri yangmembuka kegiatan tersebut.

Dikatakan, kegiatan ini mampu menjadi wadah bagi siswa untuk mendapat dasar-dasar jurnalistik serta memberikan pengetahuan agar terhindar dari berita hoaks. Diharapkan, kegiatan pelatihan jurnalistik menjadi ajang memperluas jaringan.

“Manfaatkan betul kegiatan, bangun komunikasi. Modal ke depan adalah bangun jaringan dan komunikasi penting. Orang pintar banyak peluang terbatas. Memilih dengan bangun silaturahmi,” katanya.

Di lokasi yang sama, Direktur Utama (Dirut) PT Karabha Digdaya Arif Wiryawan menyampaikan, di era era-serba cepat ini, setiap orang dapat membuat berita hanya dengan telepon genggam. Kegiatan ini diyakini dapat memberikan manfaat bagi para siswa yang datang. 

“Karena saya yakin semua potensi jadi jurnalis, walaupun kemudian banyak info tak bertanggung jawab karena tak paham. Saya yakin adik-adik milenial punya daya kreatif dan imanjinasi akan indah dengan pengalaman jurnalistik,” katanya.

Sementara itu, Ketua IJTI Korda Kota Depok Rizky Tri Ruspanji mengatakan, saat ini berita yang berupa fakta dan juga hoaks sulit untuk dibedakan. Dengan pelatihan jurnalistik yang disajikan, diharapkan mampu memberikan pengetahun bagi siswa tentang dunia jurnalistik dan cara membedakan berita yang berupa fakta dengan yang tidak.

“Berita harus terkonfirmasi. Hoaks saat ini juga tidak bisa dibedakan, jadi harus paham,” katanya. (gayuh)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.