Kadis Pendidikan Pemuda Olahraga Samosir Resmi Membuka Kompetisi Sains dan Literasi

Jonson Gultom

PANGURURAN, Jakartaobserver.com- Kompetisi Sains, Seni dan Olahraga Tingkat SD se-Kenegerian Sihotang, serta Festival Literasi Tahun 2022 resmi digelar di SMP Negeri 2 Harian Desa Siparmahan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin (25/7/2022).
 
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Samosir Jonson Gultom, SPd, saat membuka kompetisi tersebut mengatakan, kompetisi dan festival ini bertujuan agar mampu mencetak dan menghasilkan calon penerus bangsa secara khusus generasi di Kenegerian Sihotang.

Anak Kenegerian Sihotang walaupun tinggal di perdesaan harus mampu melakukan perubahan untuk mewujudkan generasi cerdas, berkarakter, tangguh dan adaptif terhadap perubahan itu sendiri.
 
”Saya yakin anak Kenegerian Sihotang walaupun tinggal di Desa akan mampu bersaing dengan yang tinggal di kota,” jelasnya.
 
Jonson Gultom berharap agar kompetisi ini berjalan lancar, kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.Selamat melaksanakan Kompetisi Sains, Seni dan olahraga SMP Negeri 2 Harian Tingkat SD se -Kenegerian Sihotang Serta Festival Literasi SMP Negeri 2 Harian. Ketua panitia Jo Sinaga mengatakan bahwa kegiatan KS2O ini sudah terlaksana pada tahun 2019,akan tetapi akibat pandemi covid-19 maka baru pada tahun ini bisa kita laksanakan lagi.
 
Untuk tingkat SD ada 6 cabang lomba yaitu Story telling, Vocal solo, tari kreasi, lomba lari sprin 100 meter memperebutkan piala bergilir Djaisorba Sihotang, medali, tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan.
 
Untuk tingkat SMP ada 5 cabang lomba yaitu story telling, vocal solo, tari kreasi, lomba lari sprint 100 meter merebutkan medali, trofi dan uang pembinaan serta piagam penghargaan.
 
Lebih jauh Jo Sinaga menjelaskan, khusus festival literasi dan numerasi yang terpilih peserta didik terbaik setiap tingkat kelas yang akan memperebutkan posisi Duta Literasi SMPN 2 Harian akan diujikan soal-soal AKM ( Assmen Kompetensi Minimum) untu mengukur kemampuan literasi numerasi akan dilaksanakan di ruang laboratorium komputer. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.