Kegiatan Grebeg Suro

MEDAN, Jakartaobserver.com- Grebeg Suro dan Kuda Lumping se-Sumatera Utara (Sumut) digelar Jalan AH Nasution Lapangan Bola Sejati, Kecamatan Medan Johor, Sumatera Utara (SUmut), pada Minggu (31/7/2022).
 
Kegiatan yang juga diadakan dalam rangka Tahun Baru Islam 2022 1 Muharram 1444 H mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat, apalagi pada kegiatan ini sanggar dan paguyuban reog dan kuda lumping se-Sumut juga mendeklarasikan dukungan mereka kepada Ganjar Pranowo.
 
Acara Grebeg Suro dibuka dengan Ruwatan dan Doa' keselamatan untuk Ganjar Pranowo dilanjutkan dengan acara diantaranya seremonial, makan siang bersama, kirab tari-tarian seluruh reog Prabu Klono Sewandono, Bujang Garong, Jathilan, Dadak Merak, dilanjutkan musisi Angklung Jalanan Malioboro, kemudian pertunjukan jaranan, lalu Jamang (tarian caplokan).
 
"Kami sangat bahagia dan senang hati karena dapat terlibat di dalam kegiatan Grebeg Suro dan bersama seluruh pekerja seni budoyo mendeklarasikan dukungan kepada Mas Ganjar Pranowo," ungkap Ketua Paguyuban Seni Sinar Budoyo Guntoro pada saat acara berlangsung.

Hadir Ketum GKBSBJ Adi Boby Santo, SH; Seketaris GKBSBJ Seha Wana; Bendahara GKBSBJ Duwi Satriawan, Ketua Panitia Alex Syahputra, Seketaris Panitia Duwi Satriawan, Bendahara Panitia Eka widiarti, koordinator lapangan antara lain Seha Wana, Wandi Syahputra dan lainnya.
 
"Kami ingin menggelorakan kembali semangat gotong-royong dan dukungan serta Deklarasi Akbar kepada Pak Ganjar Pranowo," kata Ketua Umum GKBSBJ Adi Boby Santo, SH.

Pantauan langsung awak media sanggar dan paguyuban yang ikut serta dalam acara grebeg Suro Reog dan Kuda Lumping se-Sumut kali ini yaitu adalah Sanggar Langen Budoyo, Sanggar Singo Barong Karya Muda Budoyo, Sanggar Panca Abadi, Sanggar Seni Sinar Budoyo, Sanggar Pandawa Sekeluargo, Sanggar Sekar, Sanggar PMB, Sanggar Satria Kuda Birawa, Sanggar Satrio Joyo, Sanggar Legowo Putro, Sanggar Putra Taruna Budoyo, Sanggar Supo Menggolo, Sanggar Kenanga Tunas Muda, Sanggar Turonggo Singo Seto, Sanggar Singo Lawu, Sanggar Putro Putri Kencono.
 
Salah satu penonton, Putri mengatakan sengaja mengajak suami karena ingin melihat pagelaran akbar ini. "Iya ingin lihat pembukaan Grebeg Suro, penampilan Reog yang luar biasa. Juga mau lihat adik ikut menari jathilan sekaligus memberikan dukungan kepada Pak Ganjar yang hari ini kita do'akan bersama agar tetap sehat wal'afiat", tutur Putri kepada awak media di lokasi tersebut," katanya. (josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.