Sibisa Gohan Festival 2022 di Onan Sampang, Parsaoran Sibisa, Ajibata, Toba, Sumutt.

AJIBATA, Jakartaobserver.com- Wakil Bupati Kabupaten Toba Tony Simanjuntak membuka secara resmi acara Sibisa Gohan Festival 2022 yang dilaksanankan di Onan Sampang, Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (15/3/2022).
 
Wakil Bupati Toba Tony Simanjuntak sangat mengapresiasi dan mendukung adanya kegiatan budaya 'yang ditunggu-tunggu yang sudah lama terlupakan'.

"Gohan merupakan suatu tradisi budaya Batak dimana pada zaman dahulu kala di setiap kampung setelah selesai menanam padi maka diadakan manggohi atau Gohan yang merupakan ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memohon doa supaya tanaman di sawah dijauhkan dari hama yaitu dengan mengadakan acara ritual dengan simbol menancapkan sanggar dan sipilit agar tanaman padi tidak gagal panen," kata Tony Simanjuntak.

Setelah melakukan acara ritual maka warga seluruh kampung berkumpul di alun-alun yang sudah ditentukan Raja Bius untuk melaksanankan marbinda. Kemudian marbinda atau memotong ternak dan membagikan ke selurah warga kampung tersebut.

Kegiatan Gohan Festival dilaksanakan atas gagasan bersama pemerintah desa, rumah parsiajaran Inang Nauli Basa dan Raja bius.

Wakil Bupati Tony menyebut, pemerintah berperan untuk memfasilitasi kegiatan menjadi agenda tahunan dan bagaimana cara mensyukuri ritual budaya.

"Pemerintah harus berperan dalam penyempurnaan kegiatan tahun depan agar menjadi kalender tahunan dalam mendukung budaya di desa, pemerintah harus tetap hadir dalam setiap kegiatan budaya," sambungnya.

Suku Batak Toba salah satu suku yang memegang tradisi dan budaya yang tetap silaksanakan yang mungkin terlupakan seperti Gohan.

Panitia pelaksana festival ini, Jinto Nadapdap menyebut tujuan dilaksanakan Festival Gohan untuk mengangkat kembali tradisi yang terlupakan, dan diharapkan bisa terlaksana jadi event tahunan di Desa Parsaoran Sibisa dan untuk menjadikan Desa Parsaoran Sibisa menjadi desa wisata spiritual dan mengangkat budaya.

Gohan diawali dengan berdoa bersama atau martonggo pasahat ilihan (Penyampaian persembahan ke tambak makam Oppu Datu Pejel), selanjutnya penyambutan rombongan ritual Gohan diiringi musik tradisional, manortor (menari) bersama, marbinda, opera musik dan opera Simardan.

Kegiatan Sibisa Gohan Festifal 2022 dihadiri Pemerintah Kabupaten Toba, Kadis Pariwisata, BPODT, Camat Ajibata Drs Tigor Sirait, Kepala Desa Parsaoran Sibisa Agus Nadapdap, IRK dan kepala desa se-Kecamatan Ajibata. (Rolike)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.