Rusia Serang Kharkiv, 10 Tewas Termasuk Mahasiswa India

Ledakan menghantam Freedom Square, Kharkiv, Ukraina, Selasa.

JAKARTA, Jakartaobserver.com- Sedikitnya 10 orang tewas dan 35 terluka dalam serangan roket oleh pasukan Rusia di pusat Kharkiv, Selasa (1/3/2022), menurut penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina Anton Herashchenko.
 
“Freedom Square dihantam oleh rudal jelajah. Ada serangan kedua oleh roket serupa yang menghantam gedung setelah penyelamat tiba (dalam 5-7 menit). Sepertiga gedung administrasi jatuh," kata Herashchenko dalam sebuah posting di Telegram.
 
Reruntuhan sedang dibersihkan dan akan ada lebih banyak korban dan luka-luka, ”tambahnya, seperti dikutip CNN.
 
Layanan Darurat Negara Ukraina juga mengkonfirmasi jumlah korban tewas di sebuah posting media sosial Selasa.
 
"Penyelamat sedang bekerja di tempat kejadian. Tangga dan sebagian koridor di semua lantai hancur total," tulis postingan tersebut.

Pelajar India tewas: Seorang pelajar India termasuk di antara yang tewas setelah serangan Rusia di kota itu, kata Kementerian Luar Negeri India (MEA), Selasa.
 
“Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengonfirmasi bahwa seorang mahasiswa India kehilangan nyawanya dalam penembakan di Kharkiv pagi ini. Kementerian berhubungan dengan keluarganya. Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, ”kata juru bicara MEA Arindam Bagchi di Twitter, Selasa.

Bagchi juga mengatakan Menteri Luar Negeri India akan memanggil duta besar Rusia dan Ukraina untuk "menegaskan kembali permintaan kami untuk perjalanan aman yang mendesak bagi warga negara India."
 
Seorang pejabat senior di Kementerian Luar Negeri India mengatakan kepada CNN bahwa "situasi yang memburuk di Kharkiv adalah masalah yang sangat memprihatinkan" dan bahwa keselamatan dan keamanan warga negara India di sana "adalah prioritas utama."
 
Sejauh ini lebih dari 9.000 warga negara India telah dievakuasi sementara "sejumlah besar" sekarang berada di daerah yang lebih aman, kata pejabat itu. (jo5)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.