Peresmian gedung baru Puskesmas Ajibata, Toba, Sumut.

AJIBATA, Jakartaobserver.com- Bupati Toba Ir Poltak Sitorus meresmikan gedung baru UPT Puskesmas Ajibata di Desa Pardamean, Kecamatan Ajibata, Toba, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (8/3/2022). Gedung baru dibangun tersebut bersumber dari anggaran Kementerian Kesehatan Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021.
 
Dalam arahannya, Bupati Toba Ir Poltak Sitorus menyampaikan rasa syukur atas selesainya pembangunn gedung baru UPT Puskesmas Ajibata yang refresentatif modern, nantinya akan menjadi Puskesmas Pariwisata. Dalam hal ini dapat terwujud nantinya peningkatan kapasitas layanan publik.
 
Dikatakan, pembangunan puskesmas adalah bagian yang terpenting dalam upaya pemerintah meningkatkan layanan fasilitas serta layanan kesehatan bagi masyarakat dengan harapan agar masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan yang cepat, dekat, berkualitas, memuaskan dan layanan yang prima sehingga terwujud pola kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi masyarakat sebagai investasi pembangunan sumberdaya manusia yang produktif dan ekonomis.
 
"Angka stunting di Kabupaten Toba hingga saat ini masih tinggi sehingga Bupati Toba juga mengharapkan Penurunan stunting dari 24 persen hingga 14 persen sampai Tahun 2024," ungkapnya.
 
Bupati berharap, keberadaan Puskesmas Ajibata menjadi ujung tombak tercapainya pencegahan penyakit, penyembuhan dan pemulihan kesehatan dan mengharapkan kepada petugas Puskesmas, dokter, perawat, maupun tenaga kesehatan lainnya untuk terus termotivasi dan bersemangat dalam menjalanlan tugas pelayanan kepada masyarakat dengan sikap yang ramah, tulus, dan iklas.
 
"Selalu menjaga dan merawat gedung puskesmas agar terus dapat bermamfaat untuk pemberian pelayanan yang baik kepada masyarakat," harapnya.
 
Peresmian gedung baru UPT Puskesmas Ajibata sekaligus pembagian makanan tambahan bagi ibu - ibu hamil, pelayanan KB dan pemberian bea siswa bagi siswa-siswi yang berprestasi dari dana CSR Bank Sumut.
 
Sementara Wakil ketua DPRD Kabupaten Toba Candrow Manurung, SH,MH dalam arahannya menambahkan, bagunan gedung baru Puskesmas Ajibata hendaknya bisa dimanfaatkan dengan baik. Bangunan mewah tanpa fasilitas yang baik akan sia-sia.
 
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba itu berharap agar dianggarkan penunjang fasilitas agar bisa dimanfaatkan masyarakat Ajibata khususnya dan memiliki SDM yang handal untuk dapat memberi pelayanan yang baik dan menempatkan beberapa dokter, imbuhnya.

Dalam peresmian gedung baru UPT Puskesmas Ajibata turut dihadiri oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Toba dr Juliwan Hutapea, Kadis Pendidikan Kabupaten Toba, camat Ajibata, tokoh masyarakat Viktor Silalahi, perwakilan BPODT, PT Aqua Farm, Kapos Ajibata, guru-guru serta ibu hamil, lansia dan siswa-siswi. (Rolike)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.