Viral Tahanan Lapas Tewas, Kapolda Tengah Malam Pindahkan Ratusan Tahanan

Hadi Wahyudi

MEDAN,Jakartaobserver.com- Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) memindahkan ratusan tahanan dari Polrestabes Medan ke rumah tahanan (rutan) dan sejumlah lapas pukul 02.00 WIB. Sebanyak 300 orang tahanan dipindahkan.
 
Kabid Humas Polda Sumut Komisaris Besar Polisi Hadi Wahyudi menjelaskan, pemindahan ini usai Kapolda Sumut melakukan evaluasi dan pemeriksaan terhadap para tahanan di lapas Polrestabes Medan.
 
Hal ini juga berkaitan atas kejadian tewasnya tahanan di Polrestabes Medan akibat dianiaya sesama tahanan lainnya beberapa waktu lalu.
 
Bahkan, pemindahan karena kebanyakan tahanan yang sudah berstatus inkrah.

"Karena berkaca pada kejadian beberapa waktu yang lalu ada tahanan yang meninggal dianiaya bersama rekan tahanan sendiri jadi kita tidak ingin hal itu terjadi. Bapak Kapolda melihat, mengalisa dan evaluasi yang dilakukan untuk malam ini juga memindahkan kurang lebih 300 tahanan yang sudah memiliki ketetapan hukum," kaya Komisaris Besar Polisi Hadi Wahyudi, Senin (6/12/2021).
 
Selain beberapa alasan di atas, jumlah tahanan di Polrestabes Medan sudah melebihi kapasitas dari yang seharusnya. Saat ini jumlah tahanan yang ada di Polrestabes Medan sudah melebihi dari 1.000 orang dan itu menimbulkan banyak masalah.
 
"Kapasitas RTP ini sudah overload, jadi tahanan yang ada disini lebih dari 1.000 orang. Setidak-tidaknya mengurangi kapasitas daripada rumah tahanan di Polrestabes Medan," ucapnya.
 
Sebelum memindahkan para tahanan ke rutan, ratusan tahanan menjalani swab test Covid-19. Hal itu untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.
 
Setelah itu barulah pada tahanan diberangkatkan menggunakan mobil angkutan Polda Sumut dan beberapa mobil tahanan lainnya.(jun)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.