Mulai Besok Hingga 16 Mei, Pusat Perbelanjaan di Jakarta di Zona Merah Dihentikan

Anies Baswedan

JAKARTA, JO- Mulau Rabu (12/5/2021) besok pusat perbelanjaan/mal, warung makan, rumah makan, kafe, restoran, dan bioskop di zona merah yang ada di DKI Jakarta akan dihentikan sementara hingga 1 Mei 2021.
 
Sementara untuk pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab pusat perbelanjaan/mal, warung makan, rumah makan, kafe, restoran, dan bioskop di zona hijau tetap buka namun dengan menerapkan batas jam operasional sampai pukul 21.00 WIB. Termasuk membatasi pengunjung 50 persen dari total kapasitas.
 
Hal ini tertuang dalam Seruan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Masa Libur Idul Fitri. Ada 6 poin dalam seruan Anies itu, salah satunya meminta kegiatan di mal di zona merah dihentikan sementara.
 
"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyerukan kepada setiap orang yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta mulai dari tanggal 12 Mei 2021 sampai 16 Mei agar meningkatkan aktivitas pencegahan penyebaran Covid-19," demikian isi Sergub Anies seperti dilihat, Selasa (11/5/2021).

Seruan yang sama berlaku untuk sektor tempat wisata. Aktivitas kawasan wisata atau tempat rekreasi di zona merah dan oranye juga diminta dihentikan sementara.
 
"Pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab kawasan wisata/tempat rekreasi untuk menerapkan batasan jam operasional paling lama sampai dengan pukul 21.00 WIB dan membatasi jumlah pengunjung paling banyak 30 persen dari total kapasitas, kecuali terhadap lokasi zona merah dan oranye aktivitas untuk sementara dihentikan," demikian lanjutan Sergub Anies.
 
Sementara itu, untuk poin-poin lainnya, Anies menyerukan agar salat Idul Fitri dilaksanakan di rumah. Namun jika warga melaksanakan salat Id di luar rumah, dilaksanakan dengan kapasitas 50 persen dengan protokol kesehatan ketat.
 
Anies juga meminta tidak ada gelaran open house, termasuk meniadakan kegiatan ziarah selama 12-16 Mei. (jo3)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.