Vaksin AstraZeneca yang Sudah Tiba Belum akan Digunakan Ini Alasannya

Prof Wiku Adisasmito
 
JAKARTA, JO- Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca yang telah tiba di Indonesia pada Senin (8/3/2021) belum akan digunakan untuk program vaksinasi. 

Alasannya karena aksin AstraZeneca tersebut masih menunggu sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebelum diberikan kepada masyarakat. 

"Sampai saat ini vaksin AstraZeneca belum disuntikkan untuk target vaksinasi nasional mengikuti proses alokasi yang akan ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan sertifikat halal dari MUI," kata Wiku dalam konferensi pers BNPB, Jumat (12/3/2021).

Kemudian tentang beredarnya isu vaksin AstraZeneca dapat memicu pembekuan darah, Wiku memastikan bahwa vaksin ini aman untuk digunakan. Terlebih hingga saat ini belum ada bukti vaksin AstraZeneca bisa menyebabkan penggumpalan darah. 

Selain itu, kata Wiku, monitoring kemunculan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) atau efek samping vaksin Corona terus dilakukan selama pelaksanaan vaksinasi Covid-19. (jo2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.