Penumpang Sepi tak Membuat Pengawasan Kepatuhan Prokes Covid19 Mengendor

Kapal Danau Toba.

TOMOK, JO- Pelayananan yang sepi, tak menyurutkan pengawasan dan penerapan kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes) bagi penumpang di pelabuhan penyeberangan danau jurusan Tomok - Ajibata melalui kapal kayu OPS Tomok Tour. 

"Ya, prokes selalu kita terapkan bagi para penumpang yang kita layani, mereka kita anjurkan untuk mencuci tangan, memakai masker bahkan membuat jarak saat antri manifest,” ujar Ketua OPS Tomok Tour Leo Sidabutar saat dikonfirmasi Senin (15/3/2021). 

Menurut Leo, hal itu sangat diprioritaskan, sebab penumpang yang keluar masuk pelabuhan berasal dari berbagai daerah, sehingga kita patut mengantisipasi potensi penyebaran covid-19, ujarnya. 

"Terkait lonjakan penumpang, itu terjadi pada hari-hari tertentu, misalnya hari Kamis, Sabtu, Minggu dan hari libur besar lainnya, namun untuk saat ini, pelayanan terbilang sepi," ujar Leo yang akrab disapa Pak Wesli.

Untuk pelayanan hari biasa, pelabuhan Tomok Tour hanya mengoperasikan 14 kapal untuk memenuhi 15 trip, tapi saat pada hari-hari besar leo mengatakan ada penambahan trip tergantung pada banyaknya lonjakan penumpang. 

Ditambahkan leo, Pelayanan penyeberangan kapal Tomok Tour jurusan Tomok - Ajibata untuk trip pertama dimulai dari jam, 06.10 WIB, hingga trip terakhir jam,19.00 WIB, dan begitu setiap harinya.
Leo Sidabutar berharap ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Samosir pada situasi saat ini dimana masih banyak dari masyarakat calon penumpang yang melanggar prokes covid 19, agar menempatkan petugasnya untuk menindak calon - calon penumpang yang bandal akan prokes.

"Walaupun kami tetap tegas menerapkan prokes Covid-19 kepada penumpang, namun ada saja yang bandal dan kami tidak bisa menindaknya untuk itu kami sangat berharap pemkab Samosir untuk menempatkan petugasnya agar penyebaran Covid-19 bisa segera berlalu," ujar Leo Sidabutar.(kirman)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.