Hujan Lebat Siang Hingga Sore, Depok Banjir dan Longsor

Kondisi banjir di Jalan Arif Rahman Hakim, Depok, Jabar.

DEPOK, JO- Hujan deras yang melanda Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) sejak pukul 14.30 WIB hingga sore hari, Kamis (18/2/2021), mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik. 

Banjir terpantau di sejumlah ruas jalan, salah satunya adalah Jalan Arif Rahman Hakim. Ketinggian air di jalan itu mencapai 50 sentimeter bahkan akibat banjir yang diduga draninase tidak berfungsi ini membuat jalan sempat macet dan pengguna jalan mengeluh. 

Selain banjir,longsor juga terjadi di RT 04/RW 02 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya sekira pukul 15.05 WIB,dan anggota TNI sudah tampak di lokasi kejadian sedangkan petugas PUPR belum terlihat.
Longsor di RT 04/RW 02 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Saat Dikonfirmasi wartawan Sekdis PUPR Citra Indah Yulianty terkait hal banjir dan longsor tersebut menyatakan bahwa PUPR sudah menurunkan anggota Satgas Banjir untuk menangani genangan air.

Menurutnya, banjir yang terjadi di Jalan Arif Rahman Hakim disebabkan saluran air yang menuju ke Situ Pladen mengalami penyumbatan sampah. 

Saat ini, petugas sedang melakukan pengangkatan sampah di dalam saluran tersebut. Sementara, hujan deras masih mengguyur Kota Depok. “Genangan karena tersumbat sampah, biasanya lima hingga satu jam sudah surut,” terang Citra. 

Citra mengungkapkan, saluran air yang mengarah Situ Pladen di Jalan Arif Rahman Hakim sering dikeluhkan sebagai sumber banjir. Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah meninjau langsung saluran air yang menyempit berada di bawah flyover Jalan Arif Rahman Hakim itu. 

“Kita sudah berupaya melakukan penanganan untuk mencegah terjadinya genangan di Jalan Arif Rahman Hakim,” ujar Citra. (gayuh)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.