HPN 9 Januari 2021, Pers Harus Jaga Marwah Independensi

Hari Pers Nasional 2021

JAKARTA, JO- Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2021 besok sejumlah kalangan berherap pers terlebih media konvensional seperti koran dan majalah di masa pandemi Covid-19 sekarang ini tetap mampu bertahan dengan menyajikan berita baik dan bernas. 
 
Demokrasi yang tumbuh baik di Indonesia seperti saat ini tetap membutuhkan Pers sebagai penopangnya. Masyarakat pun tetap menjadikan pers sebagai media informasi yang mencerahkan di tengah gempuran media sosial (sosmed) yang agresif. 

“Masyarakat berhak mendapatkan konten berita yang baik. Di sinilah peran pers agar arus informasi bisa diterima masyarakat dengan fair dan faktual. Tanda tendensi. Sekali lagi, Selamat Hari Pers Nasional (HPN). Pers harus tetap menjadi penyambung lidah rakyat,” kata anggota Komisi III DPR RI Rudy Mas’ud di Jakarta, Senin (8/1/2021).

Menurutnya, kehadiran pers sangat dibutuhkan dengan perspektif yang jernih dan aktif melawan hoaks di tengah pesatnya arus penyebaran informasi yang tak terbatas saat ini. Pers bertanggung jawab secara moral dalam melahirkan generasi yang sehat dan cerdas. Pers memiliki tuntutan dalam melawan arus disinformasi yang masif dengan tetap menjaga independensi dan idealisme pada profesi. 
 
“Pers harus bisa menjaga marwah independensi sehingga mampu berdiri tegak di tengah perubahan arus informasi. Nyatanya, saat ini media konvensional dihadapkan pada tantangan perubahan ke era digital. Hanya ada dua kemungkinan, media tersebut akan mati tergerus arus digital, atau survive dengan karya jurnalistik yang inovatif, kreatif dan bergaya masa kini,” jelas politisi Golkar ini. (jo4)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.