Di Tengah Pandemi Covid-19, Kegiatan Posyandu Tetap Berjalan dengan Prokes

Kegiatan di posyandu di Pematang Sejonam, Perbaungan, Sergai, Sumut.

SERGAI, JO- Dimasa pandemi Covid-19, Pemdes Pematang Sejonam, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) tetap menjaga kesehatan balita dan ibu hamil melalui posyandu yang dilaksanakan rutin setiap minggunya, namun dengan menjalankan protokol kesehatan (prokes). 

Seperti yang terlihat pada Rabu (17/2/2021) pagi, kegiatan posyandu tersebut dipantau langsung oleh Ketua PKK Erda Wati Rusiadi,SH dan Kades Rusiadi ,SH yang dilangsungkan dalam areal kantor Desa Pematang Sejonam. 

Erda Wati memberikan apresiasi kepada petugas-petugas posyandu dan ibu-ibu yang meluangkan waktunya untuk membawa balitanya ke posyandu ini.
 
Dia sangat mengharapkan kepada masyarakat yang belum membawa putra dan putri balitanya untuk ke posyandu agar dapat selalu mengetahui tumbuh kembangnya balita. 

"Dengan cara begitu kita dijauhkan dari stunting atau bahasa umumnya pertumbuhan dan perkembangan yang lambat atau dengan kata lain anak kekurangan gizi," kata Erda Wati. 

Sementara Kades Rusiadi, SH mengatakan kegiatan Posyandu seperti ini dilaksanakan pada setiap hari Rabu minggu ketiga di Dusun IV dan Selasa keempat di Dusun I dekat Puskesmas Pembantu.

"Bisa kita lihat sendiri begitu antusias para ibu-ibu untuk membawa balitanya ke posyandu untuk melihat tumbuh kembangnya putra-putri mereka," ucap kades.

Bidan Desa Lilis mengatakan kegiatan Posyandu dilaksanakan tahap - tahapan pertama: Penimbangan berat badan balita, pengukuran tinggi badan, memberikan makanan tambahan, penyuluhan, dan penyuntikan (imunisasi).

Salah satu warga yang membawa balitanya ke Posyandu ibu Sumiati,27, mengatakan sebagai masyarakat yang mempunyai balita sangat terbantu dan senang dengan adanya kegiatan posyandu seperti ini.

"Dimana kegiatan posyandu yang setiap minggu ketiga dilaksanakan dapat secara langsung mengetahui tumbuh kembang balita kita, apalagi setiap kegiatan tersebut pemdes dan kader posyandu dengan dibantu dari ibu-ibu PKK menyediakan makanan tambahan seperti telur, bubur untuk anak balita kita di sini," ucap Sumiati. (josg 01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.