Viral !!! Warganet Terkejut Muncul Pemberitahuan WhatsApp di Status Pengguna

WhatsApp. Pemberitahuan di status pengguna.

MEDAN, JO- Sejumlah pengguna aplikasi Whatsapp dihebohkan dengan munculnya notifikasi atau pemberitahuan WhatsApp bercentang biru di status pengguna WhatsApp pagi ini, Jumat (29/1/2021). 

Status dari WhatsApp ini keluar setelah WhatsApp sebelumnya memberitahukan dalam blog resminya akan berupaya menjernihkan informasi yang salah terkait kebijakan privasi barunya. 

Adapun WhatsApp yang muncul tersebut isi nya begini : 

"WhatsApp sekarang membagikan informasi di Status. Di sini Anda dapat mengetahui informasi dan fitur baru." 

"Satu hal yang tidak baru adalah komitmen kami terhadap privasi Anda" 

"WhatsApp tidak dapat membaca atau mendengarkan percakapan pribadi Anda karena percakapan tersebut terenskripsi secara end - to - end" 

"Nantikan informasi terbaru lainnya dari kami" 

Terdapat pula keterangan tambahan pada pesan status gambar kedua dan ketiga tersebut "WhatsApp.com/privacy", dimana total gambar pesan ada sebanyak 4 gambar. 

Status WhatsApp yang di kirimkan tersebut mendapatkan beragam tanggapan warganet. Berikut diantaranya :



Pantauan wartawan jakartaobserver.com pagi hari tadi hingga siang hari ini, Pukul 12.39 Wib (21/01/2021), tanda pagar atau tagar #WhatsApp juga memuncaki daftar trending topic Twitter 25.200 twit. 

Beberapa waktu sebelumnya, publik dibuat heboh dengan kemunculan notifikasi yang meminta persetujuan adanya kebijakan privasi baru dari WhatsApp.

Notifikasi tersebut memunculkan kekhawatiran terkait keamanan data para pengguna. 

Pada 15 Januari lalu, WhatsApp membuat pengumuman bahwa pembaruan kebijakan privasi tidak membuat WhatsApp maupun Facebook melihat percakapan pribadi pengguna. 

"Artinya, kami akan selalu melindungi percakapan pribadi Anda dengan enkripsi ujung ke ujung, sehingga baik WhatsApp maupun Facebook tidak dapat melihat pesan pribadi ini. Itu sebabnya kami tidak menyimpan catatan tentang siapa yang mengirim pesan atau menelepon setiap orang. Kami juga tidak dapat melihat lokasi yang Anda bagikan dan kami tidak membagikan kontak Anda dengan Facebook," tulis pihak WhatsApp. 

Pada keterangan selanjutnya WhatsApp mengatakan tidak ada yang berubah. Menurutnya, pembaruan hanya untuk menyertakan opsi baru yang harus dimiliki seseorang ketika mengirim pesan bisnis ke WhatsApp. 

Pihaknya juga mengatakan bahwa pembaruan adalah bentuk transparansi lebih lanjut mengenai cara WhatsApp mengumpulkan dan menggunakan data. 

Dalam informasi tersebut, WhatsApp juga mengatakan, pihaknya memundurkan tanggal berlakunya kebijakan baru ini. 

"Kami juga akan melakukan lebih banyak lagi untuk menjernihkan informasi yang salah tentang cara kerja privasi dan keamanan di WhatsApp. Kami kemudian akan mendatangi orang-orang secara bertahap untuk meninjau kebijakan sesuai kemampuan mereka sendiri sebelum opsi bisnis baru tersedia pada tanggal 15 Mei," ujar keterangan dalam unggahan blog resminya pada 15 Januari 2021. (jomdn-02)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.