Tim SAR Gabungan Deteksi Lokasi Pesawat dan Black Box SJ 182 di Kedalaman 23 Meter

Serpihan pesawat SJ 182 yang ditemukan tim SAR.

JAKARTA, JO-Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebut, Tim SAR gabungan telah berhasil lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 berikut lokasi kotak hitam atau black box pesawat naas tersebut. 

Posisi pesawat Sriwijaya SJ 182 diketahui ada di kedalaman 23 meter di bawah permukaan laut. Oleh sebab itu, tim hingga kini masih terus berupaya dan bersiap melakukan upaya pengangkatan badan pesawat. 

Penemuan itu terjadi pada hari kedua pencarian di perairan Kepulauan Seribu,Jakarta, Minggu (10/1/2021). 

Dikatakan Penglima TNI Hadi Tjahjanto, terhitung dalam dua hari pencarian, tim terus berupaya mengumpulkan berbagai puing-puing yang diduga milik pesawat Boeing 737-524 itu.

"TNI Polri terus berupaya untuk mendapatkan black box yang posisinya juga diduga kuat adalah posisi black box yang kita cari. Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box bisa dipantau dan kita beri marking," kata Hadi Tjahjanto. 

Menurutnya, tim SAR juga bakal dibantu oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang telah mengerahkan tiga alat pencari (pinker finder) untuk menemukan black box itu. 
 
Hadi menyampaikan para penyelam hanya akan mengambil potongan pesawat yang kecil. Di saat yang sama, tim menyiapkan kapal yang dilengkapi penderek (crane) untuk mengangkat badan pesawat. (jo17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.