Dinas Lingkungan Hidup DKI Tangani 1,2 Ton Limbah Masker Sekali Pakai

Sampah masker

JAKARTA, JO- Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin mengatakan, sejak bulan April hingga pertengahan Desember 2020, pihaknya telah menangani 1.213 kilogram (1,2 ton) limbah infeksius berupa masker sekali pakai dari rumah tangga. 

Menurut Syaripudin di Jakarta, Rabu (16/12/2020), penanganan ini dilakukan agar limbah infeksius bisa ditangani dengan baik dan menghindari potensi penularan Covid-19. 

Kepala Seksi Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Rosa Ambarsari menambahkan, petugas kebersihan melakukan pemilahan dan penggumpulan limbah infeksius dari rumah tangga seperti masker bekas untuk ditangani semestinya.

"Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bekerja sama dengan pihak pengolah limbah B3 berizin untuk pemusnahannya dengan cara diinsinerasi," kata Rosa. 

Rosa juga mendorong masyarakat, khususnya ibu rumah tangga untuk mulai sadar bahwa memilah sampah medis rumah tangga adalah hal yang penting untuk dilakukan, terutama pada masa pandemi ini.
 
"Kita sama-sama memilah dan memisahkan sendiri. Kemudian, disemprot disenfektan dan dikemas khusus. Setelah itu tanggung jawab kami untuk penanganan lebih lanjut," sambungnya. (jo3)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.