Mabes TNI Gelar MTQ Tingkat TNI TA 2020

MTQ tingkat TNI tahun 2020.

JAKARTA, JO Mabes TNI menggelar Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat TNI TA 2020, yang dibuka secara resmi oleh Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi, bertempat di Gedung Cut Nyak Dien Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (19/11/2020). 
 
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat TNI TA 2020, dengan tema “Implementasi Nilai-Nilai Al-Quran Dalam Kehidupan Prajurit TNI”, diikuti oleh Qori dan Qoriah dari Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU, dengan tetap mempedomani protokol kesehatan. 
 
Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Al-Quran adalah kitab yang berisi Firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia. Orang yang membaca Al-Quran mendapat pahala dan orang yang mendengarkannya mendapat rahmat. 
 
“Al-Quran adalah kitab yang senantiasa sejalan dalam kehidupan kita, untuk dihayati dan diamalkan agar sesuai dengan kehendak Allah SWT untuk memperoleh kemudahan, keselamatan, kesejahteraan dan keberkahan hidup baik di dunia maupun di akhirat,” ujarnya. 
 
Kegiatan MTQ Tingkat TNI TA merupakan upaya Pimpinan TNI untuk meningkatkan minat dan budaya membaca Al-Quran bagi prajurit TNI yang beragama Islam dan juga menyiapkan generasi Quran di lingkungan TNI. “Kita patut bersyukur karena prajurit TNI sebagai alat pertahanan NKRI yang disibukkan dengan tugas-tugas kedinasan, namun masih ada diantara prajurit TNI yang menjadi Qori dan Qoriah. Prestasi ini perlu dipertahankan dan dikembangkan sehingga terwujud budaya Qurani di lingkungan TNI,” kata Marsda TNI Diyah Yudanardi. 

Menurutnya, tujuan dan makna kegiatan MTQ prestasi adalah yang utama, namun yang lebih utama lagi adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al-Quran. “Jadikan Al-Quran sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki dan sebagai kepribadian kita,” ucapnya.

Diakhir sambutannya, Aspers Panglima TNI berharap “agar hakikat, makna dan tujuan MTQ kali ini kita pegang teguh sehingga Al-Quran benar-benar kita resapi, kita hayati dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya. 

“Ketika kita menggaungkan Al-Quran, maka sebenarnya kita sedang menggaungkan nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai kesalehan sosial,” tutupnya. 

Sebelum acara pembukaan MTQ Tingkat TNI TA 2020, dilaksanakan pengukuhan 4 (empat) orang Dewan Hakim MTQ Tingkat TNI masa bakti 2020 sampai dengan 2021 oleh Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi. 

Susunan Dewan Hakim tersebut yaitu Ketua Dewan Hakim Kolonel Caj Dr M Yahdi, MAg (Kabidbintalroh Pusbintal TNI), Anggota Dewan Hakim terdiri dari Ustadz Dr. H. Masturo Abubakar, M.A. (Anggota PTIQ Jakarta), Ustadz H. Ahmad Fauzi Lubis, M.A. (Anggota LPTQ DKI Jakarta) dan Ustadz H. Zuhri Rahmatullah, S.Ag. (Anggota LPTQ DKI Jakarta). (jo17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.