Mahasiswa dan Buruh Kembali Demo di Sekitar Istana Kepresidenan Jakarta

Mahasiswa demo di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta, hari ini.

JAKARTA, JO -
Mahasiswa dan buruh kembali menggelar demo Selasa (20/10/2020) hari inimenolak pengesahan Rancangan UU Cipta Kerja tepat pada peringatan setahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin. 

Mereka demo di sekitar Istana Merdeka Jakarta, di bawah pengamanan yang ketat sejumlah aparat TNI dan Polri. Dari orasi yang disampaikan sejumlah mahasiswa mengingatkan semua pihak untuk mendengar amanat penderitaan rakyat. 

"Kita mahasiswa senantiasa akan berdiri pada kebenaran untuk menghadirkan kebenaran bagi rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke 20 Oktober bukan hanya satu tahun pemerintaan Jokowi Maruf Amin, tapi ini adalah kebangkitan nasional untuk mendengar amanat penderitaan rakyat," katanya.

Selain meminta agar Presiden Jokowi menerbitkan perpu pembalan UU Cipta Kerja, mereka juga meminta agar masala pendidikan agar pemerintah memperhatikan pendidikan gratis, penuntasan kasus HAM, pilkada ditunda mengingat pandemi Covid19.

"Bagaimana kita mau percaya kepada DPR yang lebih patuh kepada partai politik," katanya.

Sementara itu, Presiden Jokowi diketahui berkantor di Istana Bogor hari ini untuk menyambut PM Jepang Yoshihide Suga bersama isterinya Mariko. Agenda menyambut PM Jepang itu dijadwalkan berlangsung pukul 15.45 WIB. 

Diantara spanduk yang dibawa pendemo.



Sementara itu, pagi tadi Jokowi memimpin rapat terbatas secara virtual terkait persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei dan Juni 2021 mendatang. Dari pantauan, massa ini sudah datang ke lokasi sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat sejak pagi. 

Seperti disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, ada dua massa yang berdemo ini yakni dari massa mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI dan serikat buruh yang tergabung dalam Gebrak. 

"Dari BEM SI ada sekira 400 massa dan dari Gebrak ada 1.750 massa," ujar Nana. (didi/hasian/jo2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.