Desain Hebat yang Tersembunyi di Logo Terkenal - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Desain Hebat yang Tersembunyi di Logo Terkenal

Logo Fedex, bisakah Anda menemukan tanda panah di sana?
JAKARTA, JO- Ada panah tersembunyi di logo FedEx. (Jika Anda belum pernah menyadarinya, lihatlah, dan bersiaplah untuk terpesona.) Tahukah Anda bahwa ada gambar tersembunyi di balik logo Toblerone.

Penggunaan ruang negatif yang cerdik di antara dua huruf terakhir telah memenangkan beberapa penghargaan logo dan menjadikannya salah satu yang paling efektif yang pernah dibuat. Pakar desain Stephen Bayley memasukkannya ke dalam daftar dari 20 desain yang mendefinisikan dunia modern, menyebutnya sebagai "salah satu ‘kecelakaan’ paling membahagiakan dalam sejarah desain grafis."

Faktanya, itu adalah aksiden atau ‘kecelakaan’. "Yang paling jauh dari pikiran kami adalah gagasan tentang panah," kata Lindon Leader, yang merancang logo tersebut pada tahun 1994, dalam sebuah wawancara email, seperti dilansir CNN. "Tapi dalam kritik internal di tengah eksplorasi logo, saya tertarik dengan desain yang memiliki huruf yang sangat rapat."

Tanda panah di logo Fedex

Leader dan timnya di Landor Associates, firma konsultan yang ditugaskan untuk menemukan kembali identitas merek FedEx, mengembangkan lebih dari 400 versi logo, sebelum menyadari bahwa menempatkan huruf besar "E" dan huruf kecil "X" bersama-sama menciptakan saran panah .

"Setelah beberapa hari, saya sadar bahwa jika panah asli dapat dimasukkan ke dalam bentuk huruf, itu bisa secara halus menyarankan untuk berpindah dari titik A ke titik B dengan andal, dengan kecepatan dan presisi," kata Leader.

Kekuatan panah, pikir Leader, hanyalah bonus tersembunyi, dan tidak melihat tidak mengurangi dampak dari logo itu sendiri. Tapi berapa banyak orang yang benar-benar melihatnya tanpa diberitahu di mana tempatnya?




"Gagasan yang berlaku adalah - saya pernah mendengar - bahwa mungkin kurang dari satu dari lima orang menemukan panah tersembunyi tanpa bantuan. Tapi saya tidak dapat memberi tahu Anda berapa banyak orang yang mengatakan kepada saya betapa menyenangkannya mereka bertanya kepada orang lain apakah mereka bisa. menemukan sesuatu di logo, "kata Leader.

Perusahaan yang sama yang merancang logo FedEx membuat satu lagi yang memanfaatkan ruang negatif dengan brilian, logo NorthWest Airlines digunakan dari tahun 1989 hingga 2003 (Northwest bergabung dengan Delta pada tahun 2008). Lingkaran dan panah menciptakan kompas yang mengarah ke barat laut. Tapi panah, bersama dengan "N", juga menciptakan "W" yang bagian kaki kirinya telah dilepas.

Gambar beruang di logo Toblerone.

"Praktik menyembunyikan elemen adalah hal yang umum untuk semua komunikasi visual, tidak hanya logo. Ini sama tuanya dengan praktik desain logo itu sendiri, tetapi mungkin mencapai puncaknya pada tahun 1970-an, ketika analogi visual dan verbal yang dianggap cerdas menjadi sentral untuk praktek desain grafis - era ide besar, "kata Paul McNeil, seorang desainer tipografi dan dosen di London College of Communication, dalam email. Prinsip ilusi optik yang digunakan dalam desain ini, menurutnya, didasarkan pada psikologi penglihatan dan teori Gestalt, yang mengeksplorasi kemampuan otak untuk menciptakan seluruh bentuk dari garis, bentuk, dan kurva.

Terkadang elemen tersembunyi menyatu dengan baik ke dalam desain logo sehingga hanya dapat dilihat jika ditunjukkan, seperti beruang yang tersembunyi di logo Toblerone.

Toblerone

Tapi apakah ini strategi yang efektif untuk desain logo? "Di satu sisi, ya, karena logo-logo ini berusaha mengidentifikasi produk atau layanan bermerek dengan cara yang sangat ekonomis dan langsung menggunakan humor untuk menimbulkan respons positif," kata McNeil. Namun saat ini, katanya, ada tren desain yang lebih jelas dan langsung, terbukti dari logo banyak perusahaan besar seperti Facebook dan Google.

Logo favorit McNeil adalah desain Gianni Bortolotti untuk perusahaan Italia yang sudah tidak beroperasi bernama ED - Elettro Domestici ("peralatan listrik" dalam bahasa Italia). Dengan hanya menggunakan huruf "ED" dan spasi negatif, secara elegan membentuk bentuk steker listrik.

"Ini adalah model kendala tanpa elemen yang berlebihan," kata McNeil. (jo4)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.