Ekspor perdana sayur mayur dari Samosir ke Taiwan saat dilepas Bupati Rapidin Simbolon.
SAMOSIR, JO- Bupati Kabupaten Samosir Drs Rapidin Simbolon, MM melepas ekspor Perdana sebanyak 16 ton sayur mayur menuju Taiwan, merupakan hasil pertanian masyarakat Samosir.

Hasil pertanian yang dilepas Senin (3/8/2020), berasal dari kelompok tani yang tergabung dalam wadah Koperasi Samosir Kasih Sinergi di Kantor Cabang pemasaran Desa Sipira, Kecamatan Onan Runggu.

Pengiriman ekspor perdana hasil pertanian tersebut diberangkatkan langsung oleh Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon didampingi Asisten II Saul Situmorang, Kadis Pertanian Viktor Sutinjak Kadis Kominfo Rohani Bakara, Kadis Ketapang Rawati Simbolon, Camat Onan Runggu Junita Sinaga dan Kabag PKP Hartopo Manik.

Turut hadir, Ketua Koperasi Samosir Kasih Sinergi Manatar Rumapea, para anggota kelompok tani, dan tokoh masyarakat setempat.

Pada sambutan Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon, MM mengungkapkan bahwa pengiriman ekspor pertanian sayur mayur ini, merupakan kebangkitan petani di Kabupaten Samosir. Pemerintah daerah akan terus mendukung petani, baik dari sisi peralatan maupun sisi lainnya.

"Mudah-mudahan di hari yang akan datang bisa kita berangkatkan lebih banyak lagi, di bulan September mendatang juga rencananya akan diberangkatkan 4 kontainer. Kita harapkan dengan berhasilnya ekspor perdana ini menjadi pemasu kita untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya sayur mayur dan pengolahan lahan lahan tidur di Samosir ini akan semakin luas dan cepat.pemerintah Daerah akan memfasilitasi melalui alat-alat berat, sehingga petani bisa semakin cepat pengolahannya dan semakin sejahtera,” jelas Bupati Samosir.




Ketua Koperasi Samosir Kasih Sinergi Manatar Rumapea menjelaskan, seluruh hasil pertanian ini merupakan hasil pendampingan kepada Kelompok Tani maupun yang bukan kelompok tani di Kabupaten Samosir, yang saat ini sudah mencakup 7 Kecamatan dengan total luas lahan hampir 300 hektar. Menurut Mangatar, para petani yang bergabung akan dilakukan pembinaan dari tim ahli dari mulai tanam, perawatan, sampai siap panen.

Mangatar berharap kedepannya semakin banyak petani yang terlibat dan dalam setiap minggu ada sekitar 5-10 hektar lahan tani yang panen. Untuk saat ini beberapa negara seperti Malaysia, Korea Selatan, dan Singapura sudah menerima sampel sayuran seni organik dari Kabupaten Samosir dan sudah diuji oleh laboratorium, tetapi kuota untuk memenuhi permintaan belum bisa kita penuhi.

"Kedepannya kita akan terus mengedukasi dan membina masyarakat untuk mengembangkan pertanian organik, dan memang permintaan untuk sayur mayur yang organik jelas lebih tinggi khususnya di negara-negara maju. Kita juga akan bersinergi dengan pemerintah Daerah untuk mengurus izin organik dan pelatihan dalam bidang pertanian,” terang Manatar Rumapea.

Sebagai wujud penghargaan dan terima kasih kepada petani, bupati Samosir secara resmi melepaskan pengiriman ekspor hasil pertanian sayur mayur, dengan ucapan doa dan syukur. (fsrt)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.