Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat memanen kentang bersamaKepala Ketahanan Pangan Kementan RI Agung Hendriadi.
SAMOSIR, JO- Bupati Kabupaten Samosir Rapidin Simbolon mendampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia Agung Hendriadi meninjau kegiatan Koperasi Usaha Tani dan melakukan panen raya kentang bersama kelompok tani Desa Partungkonahinjang, Jumat (7/8/2020).

Turut hadir antara lain Kadis Ketahanan pangan Rawati Simbolon, Kadis Kominfo Rohani Bakara, Kadis Koperindag Bippon Simbolon Direktur RSUD Hadrianus Sinaga.

Kelompok tani penerima manfaat program tersebut adalah. Kelompok Tani parsorba, Kelompok Tani Maduma, Kelompok Tani Asih Ni Roha, Kelompok Tani Permata Tani Utama, dan Kelompok Tani Karya Subur Jaya.

Pada tahun 2019 kelompok tani tersebut mendapat bantuan Rp50 juta untuk budi daya kentang 30 hektar, dan ubi jalar 2 hektar, per kelompok. Dari hasil produksi petani tersebut, menghasilkan nilai produksi rata rata Rp102.181.000, pekelompok, yang artinya, menghasikan keuntungan rata rata Rp50 juta dari modal awal per sekali panen.




Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kemeterian Republik Indonesia Agung Hendriadi mrminta kepada kelompok tani untuk terus meningkatkan produksi pertaniannya, dengan memampaatkan hasil usaha tani yang sudah diperoleh, baikmelalui perluasan lahan pertanian, dengan memanfaatkan lahan lahan tidak produktif, dimana pemerintah akan terus memdukung petani.

Untuk menambah nilai hasil produksi budi daya kentang, dan ubi jalar kelompok tani juga, melalui bantuan pemerintah daerah, telah memproduksi cemilan kerupuk kentang, dan ubi jalar yang sudah dipasarkan, diberbagai outlet.

Kadis Ketahanan pangan Rawati Simbolon mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan, wujud dari penjabaran visi Bupati Samosir yaitu mewujudkanmasyarakat Samosir, yang sejahtera, mandiri, dan berdaya saing, berbasis pertanian, dan pariwisata. Semoga petani Samosir, semakin bangkit dan berjaya. Informasi ini disampaikan Dinas Komonfo Kabupaten Samosir. (fsrt)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.