Bersiap, Petugas Sensus akan Datangi Rumah Anda Mulai 1 September 2020

Sensus Penduduk 2020
JAKARTA, JO -Badan Pusat Statistik (BPS) resmi muluncurkan kegiatan lapangan Sensus Penduduk 2020 melalui acara "Kick Off Sensus Penduduk September 2020", Senin (31/8/2020).

Dengan kick off ini, maka penncacahan lapangan akan mulai dilaksanakan besok, 1 September 2020.

epala BPS Suhariyanto dalam acara tersebut menegaskan, sistem sensus penduduk tahun 2020 memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu menggunakan metode kombinasi dengan menggunakan data Dukcapil dari Kemendagri sebagai data dasar.

Beberapa waktu lalu, sensus penduduk online telah selesai digelar, yaitu pada 15 Februari-29 Mei 2020. Dari sensus penduduk online, tercatat 51,36 juta penduduk telah berpartisipasi atau sekitar 19 persen dari total penduduk di Indonesia.




Sisanya, ada 81 persen penduduk yang masih harus dicatat keberadaannya.

Untuk melengkapi data penduduk yang telah terkumpul, Sensus Penduduk 2020 dilanjutkan dengan pencacahan lapangan.

"Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 akan dilanjutkan dengan pencacahan lapangan di bulan September 2020 untuk mencatat penduduk Indonesia yang belum mengikuti sensus penduduk online," kata Suhariyanto.

Untuk seluruh penduduk, baik yang sudah mengikuti sensus penduduk online maupun yang belum, akan dicek kembali keberadaannya oleh petugas sensus.

Dalam menjalani tugas, petugas sensus diwajibkan menerapkan protokol kesehatan 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak). (jo3)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.