Kapuskersin TNI Laksma TNI Didik Kurniawan, ST, MSi menerima kunjungan Athan Australia Brigadier General Justin Roocke di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Selasa, (23/6/2020).
JAKARTA,JO- Kapuskersin TNI Laksma TNI Didik Kurniawan, ST, MSi menerima kunjungan kerja Atase Pertahanan Australia Brigadier General Justin Roocke di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Selasa, (23/6/2020). Pertemuan ini merupakan pertemuan kali pertama yang diselenggarakan oleh Puskersin Mabes TNI dengan perwakilan luar negeri setelah diberlakukannya kebijakan New Normal pada masa Pandemi Covid 19.

Pertemuan perwakilan Angkatan Bersenjata dari kedua negara ini sebagai tindaklanjut atas pembicaraan melalui sambungan telepon antara Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP dengan Panglima Australian Defence Forces (ADF), General Angus Campbell, AO DSC, beberapa hari yang lalu. Dalam sambungan telepon, kedua Panglima telah sepakat untuk tetap berkomitmen menjaga hubungan dan menjalin komunikasi walaupun di tengah pandemi Covid-19.




Dalam pertemuan tersebut, dibicarakan rencana Pertemuan Tingkat Tinggi atau High Level Committee Australia-Indonesia (HLC) Ausindo yang terlebih dahulu akan didahului dengan pertemuan antar-Sub Committee melalui Video Tele Conference (VTC) guna membicarakan peluang peningkatan kerja sama di berbagai bidang. Salah satu poin pembahasan penting yang akan dibicarakan pada level Sub Committee HLC Ausindo adalah kerja sama antara Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) TNI dengan Australia Joint Operation Command, terutama kerja sama terkait penanganan Pandemi Covid-19.

Sehubungan dengan wabah Covid-19, beberapa program kerja sama Pertahanan dibidang operasi, pendidikan, intelijen dan logistik yang telah direncanakan tidak dapat terlaksana. Namun diharapkan dapat diagendakan kembali ditahun 2021 setelah wabah Covid-19 berlalu.

Pertemuan antara Kapuskersin TNI dengan Atase Pertahanan Australia tersebut diakhiri dengan kesepakatan untuk terus mendukung kebijakan pemimpin kedua Angkatan Bersenjata dalam meningkatkan kerja sama guna membangun keamanan dan stabilitas kawasan regional dan global.
(jo-17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.