Ini Dia Jenis Alkes Covid-19 yang Diangkut Pesawat TNI C-130 Hercules dari China

Alkes yang dibawa dari China.
JAKARTA,JO - Pesawat C-130 Hercules A-1333 milik TNI membawa 12 ton peralatan kesehatan (alkes) penanggulangan Covid-19 dari Shanghai, Tiongkok mendarat pagi tadi di Lanud Sadjad Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (22/3/2020).

Usai mendarat, seluruh crew pesawat berjumlah 21 orang yang menggunakan baju Alat Pelindung Diri (APD) itu disemprot dengan cairan desinfectant. Sesuai rencana, Senin pagi (23/3/2020) pesawat Hercules C-130 akan melaksanakan penerbangan dari Natuna menuju Jakarta, dan akan mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Seperti diketahui bahwa Pesawat Hercules C-130 yang berangkat Sabtu (21/3/2020) pagi dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Shaleh mendarat dengan aman di Bandara Pudong, Shanghai, Tiongkok pada Sabtu malam waktu setempat.

Peralatan kesehatan dari Tiongkok yang dibawa menggunakan pesawat C-130 Hercules milik TNI AU tersebut, merupakan hasil kerja sama G to G antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok.

Keberangkatan pesawat C-130 tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan untuk penanggulangan virus corona di Indonesia.

Adapun Alat kesehatan tersebut terdiri dari disposable masks, n95 masks, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps. (jo-17)




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.