Bupati Samosir Resmi Membuka Pesta Gondang Naposo Tomok - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat membuka Gondang Naposo Tomok, Samosir, Sumut.
TOMOK, JO- Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon membuka Pesta Gondang Naposo Tomok berlangsung selama tiga hari dari tanggal 7-9 Februari 2020 di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Gondang Naposo Tomok dengan tujuan menarik minat para wisatawan Mancanegara yang berkunjung ke Samosir.

Perhelatan Pesta Naposo itu atas prakarsa masyarakat Tomok dan Dinas Pariwisata tujuannya mendorong Tomok sebagai pintu gerbang masuknya wisatawan ke Kabupaten Samosir, sekaligus menyongsong program Danau Toba sebagai Kawasan Pariwisata Super Prioritas.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dalam pembukaan acara mengatakan mendukung penuh semangat masyarakat. Rapidin mengaku sangat bangga, senang serta berharap kegiatan Pesta Naposo Bulung Tomok ini dapat menambah gairah pariwisata Kabupaten Samosir khususnya Tomok.

"Terimakasih kepada seluruh pendukung dan sponsor yang ikut berperan didalam dan berkontribusi didalam penyelenggaraan event Gondang Naposo ini," ucap Bupati dalam sambutannya di Tomok, Jumat (7/2/2020).

Norton home page: Cybercrime has evolved. Now, our protection has too.

Bersihkan dan Lindungi Website Anda Visit Sucuri

Event Pesta Naposo itu biasanya dilaksanakan sekali dalam tiga tahun. Namun untuk selanjutnya akan dilaksanakan tiap tahun.

"Yang saya minta, ini harus dilaksanakan tiap tahun dengan catatan, pemberdayaan dari anak anak muda kita. Saya minta Kadis Pariwisata supaya mencatat ini menjadi event tahunan," tegas Rapidin Simbolon dan disambut riuh tepuk tangan.


Ucapan dan janji itu adalah salah satu bentuk dukungan kemajuan daerah pariwisata di Kecamatan Simanindo khususnya Desa Tomok.
Rapidin Simbolon dalam sambutannya meminta Gondang Naposo menjadi even tahunan.

Kepala Dinas Pendidikan Rikardo Hutajulu mengatakan apresiasi akan kegiatan itu. "Dinas Pendidikan sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan ini telah membantu menanamkan dan melestarikan budaya Batak," kata Ricardo.




Kegiatan Gondang Naposo kali ini melibatkan para anak didik, yang ikut dalam berbagai lomba kreasi tari yang bernuansakan budaya batak.
Kegiatan ini sangat positif dan mengedukasi.

"Para siswa diedukasi memahami artinya budaya, sehinga tergugah untuk melestarikan budayanya. Budaya Batak adalah budaya yang perlu dilestarikan dari generasi ke generasi. Memiliki makna filosofi kehidupan yang sangat dalam," jelas Ricardo.

Dalam acara itu turut hadir Camat Simanindo Hans Sidabutar, Kadis Budpora Waston Simbolon, Kadis PPMD Sormin, Kabid Promosi Pariwisata Shanty Harianja, Kades Tomok Hotman Sidabutar dan Kades Tomok Parsaoran Mengiring Sidabutar.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pertandingan lomba tari kreasi batak dan dilanjutkan dengan membuka gondang.

Bupati dan rombongan menari bersama para orang tua dan Tetua Kampung dan juga anak muda (naposo-red) serta para undangan. Sponsor kegiatan ini didukung PT INSTA, Smartfren dan OPPO dan pihak lainnya. (fsrt)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.