Warga Mengeluh, Puskesmas Kedaung Kaliangke Tolak Pasien di Jam Kerja - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Warga Mengeluh, Puskesmas Kedaung Kaliangke Tolak Pasien di Jam Kerja

Suasana di dalam Puskesmas Kedaung Kaliangke, Cengkareng, Jakarta Barat.
JAKARTA,JO- Pelayanan di Puskesmas Kelurahan Kedaung Kaliangke, Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar) dikeluhkan warga karena menolak pendaftaran pasien meskipun masih di jam kerja. Pelayanan pendaftaran pasien sekitar pukul 14.00 WIB sudah ditutup.

“Kedatangan pasien kondisi demam tinggi mau berobat di Puskesmas Kedaung Kaliangke pukul 14.30 WIB ditolak alasannya pelayanan pendaftaran pasien sudah ditutup pukul 14.00 WIB," ungkap Budhy, orangtua pasien kepada wartawan, Kamis (26/12/2019).

Budhy mengaku sangat kecewa dengan pelayanan di puskesmas tersebut. Kedatangannya ke Puskesmas Kedaung Kaliangke pukul 14.30 WIB membawa anak yang kondisinya demam tinggi ingin berobat namun ditolak petugas medis.

Waktu orang tua pasien ini bertanya apakah pelayanan kesehatan masih buka di jam ini, menurut petugas medis di dalam ruangan bahwa pelayanan di Puskesmas sudah tutup tadi pukul 14.00 WIB. "Jadi kami masih fokus urusi pasien ini karena pasien yang kita tangani ini ada masalah kejiawaannya, kalau mau berobat langsung saja ke Puskesmas Cengkareng," ujar salah seorang petugas medis kepada keluarga pasien.

Dikatakan, memang saat itu ada pasien yang sedang ditangani dokter sekitar pukul 14.30 WIB seorang laki-laki dan penanganan pasien dilakukan di ruang tunggu antrian, karena itu kedatangan Budhy untuk berobat ditolak.

"Dua kali saya datangi Puskesmas Kedaung Kaliangke, saya juga melihat para petugas medis ada yang main handphone, ada yang ngobrol diruangan dan ada juga petugas masih stanby menangani pasien lain, tapi kenapa tidak mau menerima kedatangan kami padahal kondisi anak saya sudah lemah, pusing dan mual," ucapnya.




Dia berharap kepada Wali Kota Jakbar Rustam Efendy maupun Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakbar agar memperbaiki layanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Kelurahan Kedaung Kaliangke Cengkareng. Jangan korupsi waktu kerja untuk melayani masyarakat.

"Menolak pasien yang sakit padahal belum waktunya pelayanan pendaftaran ditutup. Keluhan ini sudah sering terjadi tapi masih sering terjadi, jangan ngerumpi dan main handphone saat kerja," harapnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Puskesmas Kedaung Kaliangke Cengkareng dr Desi tidak berada di kantor. Saat dikonfirmasi ke salah seorang petugas layanan pendaftaran, dia mengatakan dr Desi sedang cuti kerja.

Ketika wartawan mengkonfirmasi melalui massenger layanan masyarakat di Suku Dinas Kesehatan Jakbar terkait waktu pelayanan masyarakat di Puskesmas Kedaung Kaliangke menolak pasien, petugas operatornya menyampaikan bahwa jawal pelayanan Puskesmas sesuai aturan dimulai pukul 07.30 wib hingga pukul 16.00 WIB.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini segera kami tindaklanjuti ,kedepan akan kami perbaiki pelayanannya," kata petugas itu.

Jam bertugas untuk melayani pasien Senin-Kamis pukul 07.30 s/d 16.00, Jumat pkl: 07.30-16.30 dan Sabtu pukul 7.30-13.00. (jo-6)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.