Pemkab Samosir Bangun Pompa Air untuk Peningkatan Pertanian - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat meninjau pembangunan mesin pompa.
SAMOSIR, JO- Untuk mendukung pertanian di dua desa di Kecamatan Palipi, yaitu Desa Palipi dan Desa Sigaol Simbolon, Pemkab Samosir membangun dua unit mesin pompa air berkapasitas 50 liter per detik.

Pembangunan ini untuk mewujudkan produktivitas pertanian guna mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri, dan berdaya saing berbasis pembangunan pariwisata serta pertanian.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada wartawan, pekan ini, juga menyebut Pemkab Samosir sudah merehabilitasi jaringan irigasi yang ada di dua desa ini. Dengan adanya fasilitas infrastruktur pertanian itu, 115 ha sawah yang ada di dua desa ini diharapkan bisa panen dua kali dalam setahun.

"Secara bertahap Pemkab Samosir konsisten untuk melaksanakan pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Segala upaya tersebut tidak akan bisa maksimal tanpa dukungan dari masyarakat, dan untuk itu marilah kita semua mendukung program pembangunan yang berkelanjutan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Samosir," imbuh Rapidin.




Para petani mengapresiasi perhatian Bupati Samosir yang mendengar keluhan petani selama ini karena tanaman padi kerap terancam gagal panen karena kekurangan air. Dengan tersedianya mesin pompa air, petani tidak perlu lagi khawatir kekeringan, sehingga minimal petani dapat panen dua kali setahun.

Bupati Samosir bersama Kepala Desa Sigaol Simbolon melakukan monitoring dan memastikan pompa air di Desa Sigaol Simbolon ini berjalan lancar.

Kepala Desa Simbolon Sigaol Tohom simbolon mengatakan, dengan adanya pompa air ini petani diharapkan dapat meningkatkan indeks pertanaman (IP) menjadi dua kali dalam setahun (IP 2).

"Untuk itu marilah kita saling mendukung program pembangunan Samosir yang berbasis pariwisata dan pertanian demi mewujudkan kesehjateraan masyarakat Samosir,” ujar Tohom simbolon. (fsrt)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.