Para Tour Operator Optimis Parwisata Samosir Bangkit Setara Bali - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Para Tour Operator Optimis Parwisata Samosir Bangkit Setara Bali

Wisata Samosir
PANGURURAN, JO- Berwisata saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan primer dan mendesak, terlebih ditengah kesibukan untuk memecah kemonotonan dan kejenuhan melakukan aktifitas keseharian.

Itu juga sebabnya setiap pelaku usaha di destinasi wisata sekarang berlomba-lomba menarik pengunjung dengan berbagai upaya tentu untuk meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Sebut contoh Danau Toba, yang oleh Kementerian Pariwisata dijadikan "Super Priority Destination" untuk dikembangkan di luar Bali. "Raksasa" destinasi wisata ini memang diakui luar biasa tapi harus ditata dan dikelola dengan baik. Terutama kesiapan tujuh kawasan di sekitar Danau Toba. Bagaimana ketujuh Kawasan ini menangkap peluang industri pariwisata ini.

Beberapa tour operator menilai pentingnya membahas tujuh kawasan di sekitar Danau Toba ini karena bagi tour operator Samosir menjadi pilihan utama yang ditawarkan dalam paket wisata.

“Samosir adalah the most beautiful destination. Selalu menarik membincangkan Samosir karena alam, budaya yang unik dan infrastruktur yang semakin membaik dari tahun ke tahun," kata Anton Lois Fical, owner Go Adventure, operator yang sering menjual paket wisata ke Danau Toba. saat ditemui belum lama ini.

Banyak bukti yang bisa kita lihat, yaitu komitmen untuk senantiasa membuat atraksi wisata dalam bentuk event baik budaya, sport ataupun bentuk kearifan lokal lainya. Yang kedua adalah arah pembangunan yang meletakkan salah satu visinya kepada sektor pariwisata.

"Yang ketiga, kami melihat ada kemiripan dengan destinasi Bali dan Banyuwangi, yaitu tata kelola pemerintahan yang baik. Bupati meletakkan pondasi yang baik, pada sektor pariwisata dan mengkombinasikan dengan sektor pertanian sebagai sumber ekonomi utama masyarakat," ucap Anton.

Menurutnya, bupati Samosir sepertinya mengambil kemudi arah kebijakan pariwisata, dan ini menurut dia menarik sekali. "Beliau sangat aktif berpromosi, dan ini sudah sepatutnya disambut positif oleh masyarakat dan stakeholder pariwisata disana. Sangat langkah, seorang bupati yang begitu antusias membangun pariwisata untuk kesejahteraan masyarakatnya."

Anton menyampaikan, sejauh ini sudah banyak perbaikan ya, tetapi tidak bisa dia abaikan, Samosir menurut dia masih yang terbaik menyambut industri pariwisata ini.




Hal senada disampaikan oleh Ridu Binsar Hutahean, owner Nahata Tour & Travel, salah satu tour operator yang banyak membawa wisatawan untuk menjelajahi alam Samosir.

"Selalu menarik membawa tamu ke Samosir karena banyaknya pilihan destinasi, berbeda dengan kabupaten lain, yang destinasinya masih itu itu juga, ada memang yang sudah dikembangkan tetapi tidak sebanyak yang di Kabupaten Samosir," ungkapnya.

Konektifitas, akses jalan yang baik, masyarakat yang semakin ramah menjadi daya dukung yang patut di apresiasi. Menurutnya wajar jika Pemerintah Kabupaten Samosir, menjadi pusat perhatian karena komitmen yang kuat dari Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Juang Sinaga.

"Beberapa informasi dari teman- teman di Samosir juga menyampaikan, bahwa komitmen dan semangat yang sangat kuat dari Pak Bupati Samosir menjadi daya dukung majunya parwisata disana," tambahnya.

Hutahean, optimis, Danau Toba dalam 5 -10 tahun kedepan akan setara dengan Bali, jika setiap kepala daerah punya komitmen yang kuat , seperti halnya komitmen bupati Samosir.

"Saya doakan agar Samosir dan Danau Toba menjadi destinasi yang semakin maju," tutupnya. (fsrt)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.