Aek Natonang, Spot Wisata Baru yang Wajib Dikunjungi di Samosir - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Aek Natonang, Spot Wisata Baru yang Wajib Dikunjungi di Samosir

Suasana di Aek Natonang, Samosir, Sumatera Utara.
SAMOSIR, JO- Aek Natonang berada di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut). Jarak desa ini dengan daerah wisata Tomok berkisar kurang lebih 20 km, atau jika memakai sepeda motor jaraknya hanya 25 menit dari Tomok.

Perjalanan menuju daerah ini akan melalui jalan yang berliku dan menanjak. Namun tidak usah takut dan ragu sebab pemerintah pusat telah membangun jalan menuju arah tanjungan dan keliling Pulau Samosir dengan pengaspalan yang baik.

Kenapa dikatakan Aek Natonang? Kata "Aek Natonang" berasal dari bahasa Batak Toba yang artinya "air yang tenang".

Aek Natonang berada di ketinggian 1.300 dari permukaan laut, dan tentunya daerah ini termasuk bersuhu dingin. Lokasi ini juga dikelilingi oleh hutan pinus dan perkampungan masyarakat.

Daerah ini sudah lama menjadi tujuan wisata, baik itu lokal maupun mancanegara. Pengunjung akan disuguhi sejuknya udara dan pemandangan yang indah sebelum sampai di daerah Aek Natonang.

Aek Natonang

Disini juga para komunitas anak tenda sering mengadakan kegiatan untuk berkemah, selain lokasi yang luas juga sarana air yang dekat.

Di tempat ini juga sering dilakukan pemotretan guna prawedding, dimana lokasinya yang indah dan alami.

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pariwisata melakukan pembangunan di sekitar Aek Natonang guna mendukung kemajuan pariwisata Samosir dan APBD-nya.




Adapun bangunan pendukung yang dibangun di area ini yaitu :

1. Jogging Track
2. Gazebo
3. Restoran / Kuliner
4. Lapangan Parkir
5. Land Scale
6. Pompa Air
7. Toilet
8. Dermaga Kecil
9. Ruang Ibadah

Bangunan ini bersumber dari Dana DAK Kementrian Pariwisata, seperti yang dijelaskan Andy Marpaung salah satu staf Kementrian Regional 1 untuk kawasan Danau Toba saat dihubungi melalui telepon seluler.

Dengan adanya bangunan pendukung ini diharapkan berdampak pada perekonomian masyarakat yang berada di kawasan tersebut meningkat khususnya masyarakat Desa Tanjungan.

Kegiatan pembangunan di kawasan Aek Natonang dibidangi oleh Kepala Bidang Pengembangan Dinas Pariwisata Samosir Polin Manurung.(jabs)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.