Letak Ibu Kota Baru Sudah Mengerucut ke Satu Provinsi di Kalimantan

Presiden Jokowi saat survei calon ibu kota RI di Kalimantan bulan Mei 2019 lalu.
JAKARTA, JO- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ibu kota negara akan pindah dari Jakarta. Pindahnya kemana? Menurut Presiden Jokowi, letaknya di Pulau Kalimantan.

“Di mana pastinya, sejauh ini telah mengerucut ke salah satu provinsi: bisa di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan,” tulis Presiden Jokowi melalui fanpage facebooknya yang diunggah beberapa saat lalu.

Menurut Presiden, segala aspek dalam proses pemindahan itu — skema pembiayaan, desain kelembagaan, payung hukum regulasi mengenai pemindahan ibu kota — sedang dikaji secara mendalam dan detail, sehingga keputusan nanti benar dalam visi ke depan kita.




Presiden juga menegaskan, pengalaman negara-negara lain dalam pemindahan ibu kota juga dipelajari untuk kita antisipasi hambatannya. Sebaliknya, faktor-faktor kunci keberhasilan yang bisa kita adopsi, kita adaptasi.

“Dalam memutuskan pemindahan ibu kota ini, posisi saya bukan sebagai kepala pemerintahan, tetapi sebagai kepala negara. Kita harus melihat visi besar berbangsa dan bernegara untuk 10 tahun, 50 tahun, 100 tahun yang akan datang,” pungkas Presiden Jokowi.

Sebelumnya dalam beberapa kali kesempatan, Presiden Jokowi menyampaikan akan mengumumkan lokasi tepatnya calon ibu kota baru negara itu pada bulan Agustus ini. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.